Pilkada Surabaya 2015

Amankan Suara, Demokrat Terjunkan 6.000 Saksi

Amaluddin    •    Jumat, 04 Dec 2015 22:38 WIB
pilkada serentak
Amankan Suara, Demokrat Terjunkan 6.000 Saksi
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 6.000 saksi akan diturunkan Partai Demokrat ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember mendatang. Mereka merupakan saksi internal Demokrat untuk mengamankan suara pasangan calon kepala daerah Rasiyo-Lucy Kurniasari di pemilihan kepala daerah Kota Surabaya 2015.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo, mengatakan telah menyiapkan rompi untuk saksi. Ia telah berkoordinasi dengan ketua Tim Pemenangan Rasiyo-Lucy. "Saksi dari Demokrat tidak hanya di Surabaya, tapi juga diturunkan di seluruh daerah di Jatim yang menggelar pilkada, yakni 19 kab/kota," kata Pakde Karwo, sapaannya, di Surabaya, Jumat (4/12/2015).

Selain ditugaskan mengamankan suara para saksi itu juga disiagakan untuk menangkap pelaku politik uang. "Tidak hanya dari Demokrat, banyak juga elemen masyarakat lain yang juga akan menangkap pelaku itu, seperti halnya Garda Bangsa dan Pemuda Pancasila," katanya.

Saat disinggung terkait elektabilitas Rasiyo-Lucy, Pakde Karwo enggan menyebut berapa hasil survei internal Demokrat. Juga hasil survei internal terhadap paslon di daerah-daerah lainnya.

Menurut dia, kemenangan pilkada serentak yang ditargetkan sebelumnya adalah Lamongan (Bupati), Mojokerto (Bupati), Pacitan (Bupati) dan Gresik (Wabup). Sedangkan yang baru yakni Ponorogo (Bupati), Sumenep (Bupati), Jember (Bupati) dan Sidoarjo (Wabup). "Yang penting untuk Surabaya menang. Sumenep juga sangat berpeluang untuk pasangan Zaenal Abidin-Nyi Eva menang," kata dia.

Disinggung soal tingkat kerawanan pilkada serentak, Pakde yang juga Gubernur Jatim ini mengakui ada tiga daerah yang patut diwaspadai yakni Mojokerto, Banyuwangi dan Jember. "Muspida Jatim dan aparat keamanan terus berkoordinasi mengantisipasi pelaksanaan pilkada serentak agar bisa berlangsung aman dan damai," kata dia.


(UWA)