Pilkada Serentak, Dorongan Positif bagi Gerak Indeks

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 05 Dec 2015 11:36 WIB
bei
Pilkada Serentak, Dorongan Positif bagi Gerak Indeks
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergelaran pilkada serentak yang dilakukan pada 9 Desember 2015 akan memiliki efek besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjelang penutupan akhir tahun. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat akan merespons positif pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Efeknya tidak hari itu, efeknya akan berasa setelah perjalanan Pilkada," ungkap Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Anggota BEI Hassyarbaini kepada Metrotvnews.com, seperti diberitakan Sabtu (5/12/2015).

Pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tambah dia, karena dana Pilkada serentak yang mencapai Rp7,1 triliun akan meningkatkan jumlah konsumsi masyarakat Indonesia. Seperti, membeli spanduk, pemasangan iklan dan bilboard kampanye ke setiap masing-masing calon yang diusung oleh partai politik tiap daerah yang akan melenggang dalam periode lima tahun ke depan.

"Itu yang kita harapkan pengaruhnya besar bagi ekonomi kita, tidak lain dampaknya untuk gerak indeks juga, agar indeks kita bagus juga. Itu pasti, ekonomi naik, indeks pun akan naik," jelas dia.

Tingkat kenaikan indeks tidak bisa diprediksi secara kasat mata, sambungnya, paling tidak ada harapan indeks akan tumbuh positif.


(AHL)