MIT Temukan Cara Membuat Pemindai 3D Murah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 05 Dec 2015 15:16 WIB
teknologi
MIT Temukan Cara Membuat Pemindai 3D Murah
Pemindai laser 3D. (Wikipedia)

Metrotvnews.com: Teknologi 3D-Imaging berhasil dikembangkan beberapa waktu lalu. Teknologi 3D-Imaging dengan harga terjangkau juga berhasil dibuat. Namun, membuat teknologi yang bagus dan murah adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Meskipun begitu, para peneliti di MIT telah berhasil melakukan hal itu dengan menggunakan polarisasi.

Gizmodo melaporkan, teknik polarisasi ini akan dapat meningkatkan resolusi dari perangkat 3D-Imaging berharga murah sebanyak 1.000 kali lipat. Hal ini berarti, perangkat tersebut akan dapat menghasilkan gambar yang bahkan lebih baik dari laser scanner.

Hal ini akan mengubah industri computer imaging. Teknologi ini bahkan dapat membuat kamera smartphone juga dapat berfungsi sebagai scanner 3D. Ia juga dapat digunakan pada mobil tanpa sopir sehingga mobil tersebut dapat tetap berkendara bahkan saat hujan atau bersalju.

"Sekarang, kamera 3D dapat diperkecil sehingga dapat digunakan pada smartphone," kata Achuta Kadambi, mahasiswa MIT yang membantu pengembangan teknologi ini. "Tetapi, hal ini membuat kualitas pemindaian 3D menjadi berkurang."

Dia lalu menjelaskan, meski menggunakan sensor kualitas rendah, jika Anda melengkapinya dengan filter polarisasi, maka Anda akan mendapatkan gambar yang lebih baik dari kebanyakan pemindai laser yang ada.

Nantinya, pemindai 3D akan terlihat layaknya kamera yang ada pada smartphone. Gambar yang dihasilkan juga akan jauh lebih baik dari gambar yang dihasilkan oleh pemindai 3D portable yang ada saat ini.


(MMI)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

11 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA