Polisi Malaysia Tangkap Seorang WNI Terkait ISIS

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 05 Dec 2015 13:47 WIB
wni
Polisi Malaysia Tangkap Seorang WNI Terkait ISIS
ilustrasi penangkapan (Foto: Russia Today)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pihak Kepolisian Malaysia menangkap seorang warga negara Indonesia (WNI) yang diduga terkait Islamic State (ISIS). WNI ditangkap bersama dengan empat orang lainnya.

Malaysia saat ini tengah dalam siaga setelah adanya laporan mengenai 10 warga Suriah yang terkait dengan ISIS, memasuki wilayahnya melalui Thailand pada Oktober lalu. 10 warga Suriah itu dilaporkan hendak menyerang kepentingan Rusia.

"Empat yang ditangkap merupakan warga asing dan seorang warga Malaysia. Mereka ditangkap antara 17 November dan 1 Desember 2015," ujar Kepala Polisi Khalid Abu Bakar, seperti dikutip Reuters, Sabtu (5/12/2015).

Di antara yang ditangkap ada seorang warga berasal dari Eropa berusia 44 tahun. Dia diketahui bekerja sebagai guru sementara di Penang.

"Dia memiliki kaitan dengan Al Qaeda dan dituduh terlibat dalam aktivitas militan di Afghanistan dan Bosnia," pihak Kepolisian Malaysia menyebutkan.

"Sementara tiga tersangka lainnya adalah seorang warga negara Indonesia berusia 31 tahun, seorang warga Malaysia dan seorang warga Bangladesh. Mereka merupakan bagian dari kelompok yang terkait ISIS dan ditugaskan untuk melakukan perekrutan, untuk melakukan aktivitas ekstremisnya di luar negeri," lanjutnya.

Diketahui, WNI yang ditangkap itu sempat menyuarakan kesetiaannya kepada pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi pada 2014 melalui Facebook.

"Dia bersama dengan warga negara Malaysia, diduga bertindak sebagai fasilitator mengorganisir anggota dari Malaysia dan negara Asia Tenggara lainnya untuk bergabung dengan ISIS," pungkas Khalid.

Asia Tenggara saat ini terancam serangan terinspirasi ISIS yang didesain untuk membuat aksi teror sebagai tindakan glamor. Dikhawatirkan serangan dilakukan oleh mereka yang baru pulang dari Suriah.
 


(FJR)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

43 minutes Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA