On This Day

2010: Tiga Pemain Masuk Nominasi Ballon d'Or, Barcelona Ikuti Jejak AC Milan

Hilman Haris    •    Minggu, 06 Dec 2015 08:58 WIB
pada hari ini
2010: Tiga Pemain Masuk Nominasi Ballon d'Or, Barcelona Ikuti Jejak AC Milan
Iniesta (kiri), Messi (tengah) dan Xavi (kanan) masuk tiga besar periah trofi FIFA Ballon dOr 2010 (Foto: dok Zimbio)

Metrotvnews.com, Barcelona: Tanggal 6 Desember 2010 menjadi momen bersejarah bagi Barcelona. Pada hari itu, untuk pertama kalinya dalam sejarah, tiga pemain Blaugrana masuk dalam daftar nominasi peraih FIFA Ballon d'Or.

Akan tetapi, keberadaan Xavi Hernandez, Lionel Messi, dan Andres Iniesta dalam nominasi FIFA Ballon d'Or 2010 mendapat cibiran. Suara-suara bernada miring paling keras tertuju kepada Messi.

Sebagian kalangan menilai Messi tak layak masuk nominasi. Pasalnya, ia hanya mempersembahkan dua gelar (La Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol) untuk Barcelona ketika itu. Pencapaiannya tentu kalah mentereng dari gelandang Inter Milan dan timnas Belanda, Wesley Sneijder. Pada musim 2009--2010, Sneijder berhasil meraih tiga gelar (Serie-A, Coppa Italia, dan Liga Champions) serta membawa timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010.

Ajang bergengsi FIFA Ballon d'Or makin dicibir karena menjadikan Messi sebagai pemenang. Jika ditawur, prestasi Messi memang kalah dari Xavi dan Iniesta. Ketika itu, Messi gagal mencetak gol di Piala Dunia 2010 dan hanya mampu membawa Argentina lolos ke perempat final. Prestasi itu tentunya terasa kerdil di hadapan Xavi dan Iniesta yang meraih trofi Piala Dunia 2010 bersama timnas Spanyol.

Messi sejak awal sudah sadar pencapaiannya kalah mentereng dari Xavi dan Iniesta. Oleh karena itu, ia merasa keheranan ketika dinobatkan sebagai pemenang FIFA Ballon d'Or 2010.

"Saya tak menyangka bisa menang. Saya sudah cukup bahagia bisa satu podium dengan Xavi dan Iniesta. Kebahagiaan saya berlipat usai memenangi trofi ini," kata Messi kala itu.

"Saya ingin berbagi penghargaan ini dengan rekan setim. Tanpa mereka, Saya tidak akan berada di sini. Saya juga mempersembahkan trofi ini kepada semua rakyat Argentina," lanjut Messi.

Total, Messi mendapat 22,65 persen suara. Sedangkan Iniesta yang mencetak gol kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010 hanya mendapat 17,36 persen. Sementara itu, Xavi memperoleh 16,48 persen. Sisa suara jatuh kepada para pemain lain yang tidak masuk ke tiga besar. 
 
Terlepas dari kontroversi Messi menjadi pemenang, Barcelona sudah mengguratkan tinta emas di perhelatan FIFA Ballon d'Or. Setidaknya, mereka berhasil mengikuti jejak AC Milan sebagai tim Eropa yang pernah menempatkan tiga wakil di dalam nominasi pemenang trofi FIFA Ballon d'Or. I Rossoneri melakukannya pada 1988 dan 1989.

Pada 1988, Marco van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard dinominasikan sebagai pemenang. Setahun kemudian, Basten dan Rijkaard kembali masuk nominasi. Sedangkan posisi Gullit digantikan oleh Franco Baresi. (TDIFH)



(HIL)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA