Cari Tahu Informasi Pilkada dengan 3 Aplikasi Ini

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 06 Dec 2015 11:25 WIB
pilkada
Cari Tahu Informasi Pilkada dengan 3 Aplikasi Ini
Tiga aplikasi jelang Pilkada 2015 rekomendasi kami.

Metrotvnews.com: Jelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah atau pilkada pada 9 Desember mendatang, ada baiknya Anda mencari informasi terkait dengan kandidat kepala daerah di Indonesia. Berikut kami sajikan tiga aplikasi pilkada untuk membantu Anda mengetahui informasi dan menentukan pilihan.


Pilkadanesia

Sistem operasi: Android

Kapasitas: 4,6 MB

Harga: Gratis

Aplikasi karya Rimbunesia ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana namun menarik. Pengguna akan disambut oleh daftar provinsi di Indonesia saat mengakses aplikasi ini. Memilih satu provinsi akan menampilkan kota, sementara memilih kota akan menampilkan sejumlah tab. Tab ini terdiri-dari daftar kandidat kepala daerah dari masing-masing wilayah, NIK terdaftar, hasil pilkada, hasil TPS, dan sekilas informasi tentang Rimbunesia.

Pada tab kandidat wilayah, tersaji daftar kandidat yang hadir dalam satu kolom kecil berisi nama dan asal partai. Pengguna dapat mengakses kandidat lain dengan mengusap layar dari kiri ke kanan. Mengetuk layar pada kolom kandidat akan menampilkan halaman berisi visi dan misi dari masing-masing kandidat. Aplikasi ini juga menampilkan jumlah dukungan yang diperoleh kandidat pada halaman visi dan misi.

Pilkdadanesia juga dilengkapi dengan daftar NIK Terdaftar, memberikan kemudahan memeriksa pengguna telah terdaftar atau belum terdaftar. Pengguna juga dapat memeriksa dan menyocokkan hasil pilkada  di wilayah sekitar melalui aplikasi ini setelah proses pemilihan selesai. Meski secara tampilan keseluruhan baik, pengguna harus siap terganggu iklan yang berkali-kali muncul.


Kawal Pilkada

Sistem operasi: Android

Kapasitas: 24,87 MB

Harga: Gratis

Aplikasi ini hadir dengan tampilan sederhana. Saat mengakses aplikasi pengguna akan disambut halaman yang didominasi warna putih dengan kolom Provinsi dan dua tombol 'Kosongkan' dan 'Cari'.

Setelah memilih provinsi, daftar kota atau kabupaten akan menempati ruang di bagian bawah tombol 'Kosong' dan 'Cari' tersebut. Daftar kandidat kepala daerah akan tersaji setelah pengguna memilih salah satu dari kota tersebut.

Informasi yang disajikan setelah memilih salah satu kandidat tergolong lengkap. Informasi yang disuguhkan pada aplikasi ini di antaranya wilayah, nama kandidat, tempat tanggal lahir, hingga pekerjaan yang tengah diembannya. Sayangnya, aplikasi ini belum dilengkapi dengan visi dan misi yang diusung kandidat kepala daerah.

Melalui tombol sentuh berikon tiga garis, pengguna dapat menampilkan menu lain, seperti Pendaftaran Relawan, Cek TPS Saya, Profil Pasangan Calon, Tabulasi Suara, Provasi dan Kebijakan, serta sekilas informasi tentang aplikasi ini.


Pilkada Go

Sistem operasi: Android

Kapasitas: 21 MB

Harga: Gratis

Setelah mengakses aplikasi ini, pengguna akan disambut tampilan yang didominasi warna putih dan oranye, dengan dua tombol 'Kandidat' dan 'Partai'.  

Sementara pada tombol berikon tiga titik dan garis, tersedia menu lainnya seperti FAQ Pilkada, Tahapan Pilkada, Sengketa Pilkada, Feedback, Contact dan sekilas informasi tentang aplikasi ini.

Melalui tombol 'Kandidat', pengguna akan disuguhi daftar provinsi lengkap dengan lambang propinsi masing-masing, yang tersusun dari Aceh di bagian paling atas, diikuti provinsi lain di bawahnya, hingga Papua Barat di bagian terbawah.

Seperti dua aplikasi sebelumnya, untuk menampilkan kandidat kepala daerah, pengguna diharuskan memilih provinsi dan daerah yang diinginkan terlebih dahulu. Daftar kandidat ditampilkan dengan menarik, dengan nama hingga status penerimaan. Pada kolom kandidat, terdapat tiga tombol yang terdiri Vote, Selengkapnya, dan Komentar.

Sementara pada tombol Selengkapnya, terdapat tombol Rekam Jejak, Visi, dan Misi kandidat. Aplikasi ini menjadi satu-satunya aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar tentang kandidat yang diinginkan.

Uniknya, aplikasi ini dilengkapi menu Sengketa Pilkada, memungkinkan pengguna memantau proses sengketa terkait Pilkada yang terjadi di pengadilan.


(ABE)