Tim Pemenangan Kandidat Wali Kota Solo Saling Pantau

Pythag Kurniati    •    Minggu, 06 Dec 2015 11:17 WIB
pilkada serentak
Tim Pemenangan Kandidat Wali Kota Solo Saling Pantau
Calon Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (kiri) berpasangan dengan Achmad Purnomo akan berhadapan dengan Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Masa pemungutan suara Pilkada Kota Solo tinggal menghitung hari. Masing-masing tim pemenangan pasangan calon mulai saling pantau. Mereka membentuk satgas pengawasan untuk mengawal Pilkada 9 Desember 2015 mendatang.

Tim advokasi pemenangan pasangan calon Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri mendeklarasikan Satgas Putih atau SAPU pada Sabtu, 5 Desember 2015. Sebanyak 10 ribu orang relawan serta aktivis masjid yang telah dilatih bakal disiagakan di masing-masing TPS serta berkeliling.

Koordinator Satgas Putih, Alqaf Hudaya mengatakan satgas akan mulai bertugas dari H-3 pencoblosan. "Selain untuk mengawasi jalannya Pilkada 2015, kami juga membentuk Satgas Putih sebagai pusat pengaduan intimidasi, praktik politik uang dan berbagai pelanggaran pilkada yang mungkin terjadi," paparnya.

Tepat satu hari sebelumnya, Jumat, 4 Desember 2015 tim pemenangan pasangan calon nomor urut dua, FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo juga menggelar apel Satgas Anti-Sembako dan Money Politic.

Satgas dibentuk untuk mengawasi praktik-praktik pelanggaran pilkada seperti membagikan uang dan sembako, terlebih menjelang pencoblosan.

Ketua pemenangan tim Rudy-Purnomo, Putut Gunawan mengatakan sebanyak 2.200 orang ini akan disiagakan pada H-3 hingga H+2 pemungutan suara. "Di hari H, mereka akan disiagakan, setidaknya di masing-masing TPS ada dua orang satgas yang bakal mengawasi jalannya pemungutan suara," ungkapnya.


(SAN)