Warga Pasang Barikade Tolak Anak dengan HIV/AIDS

Pythag Kurniati    •    Minggu, 06 Dec 2015 14:03 WIB
aids
Warga Pasang Barikade Tolak Anak dengan HIV/AIDS
Penolakan warga saat Adha yang dirawat LSM Lentera akan dipindahkan ke permukiman tersebut. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Masyarakat di salah satu kampung di Kota Solo, Jawa Tengah memblokir jalan. Mereka menolak kehadiran Anak dengan HIV/AIDS (Adha) di kampung mereka.

Minggu, 6 Desember 2015, warga memasang barikade di Jalan Senopati Gang 3 RT 04 RW 04, Kelurahan Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo. Berbagai tulisan terpampang seperti "Lindungi Anak-Anak Warga Kami", "Kedung Lumbu Bukan Kampung HIV".

Peristiwa ini bermula dari rencana pengelola LSM Lentera yang akan memindahkan Adha ke rumah salah satu pengelola, yakni Puger Mulyanto di kampung tersebut. Rencana pemindahan ini dikarenakan kontrak rumah singgah di tempat sebelumnya telah habis sejak 1 Desember 2015.

Pengelola LSM Lentera lainnya, Yunus Prasetyo mengungkapkan, kepindahan sembilan Adha terpaksa dilakukan. Sebab, tidak ada lagi dana untuk mengontrak rumah singgah bagi Adha.

“Pada saat kami dan anak-anak ingin menengok tempat baru tersebut, ternyata masyarakat malah memasang barikade. Anak-anak tidak diizinkan masuk,” ungkap Yunus.

Dia tak menduga warga akan menolak. Karena, sebelumnya telah melakukan sosialisasi. Utamanya, untuk memberi pemahaman warga tentang penularan HIV seperti hubungan seksual dan jarum suntik narkoba.

“Pada saat musyawarah dengan warga setempat, kami sudah undang Komisi Penanggulangan HV/AIDS dan pihak Puskesmas. Nyatanya masih seperti ini. Ini kan berarti ada diskriminasi,” papar dia.

Sementara itu, salah seorang warga Kedung Lumbu, Nardi Asroni mengungkapkan langkah ini dilakukan masyarakat bukan karena tidak peduli. Namun, kata dia, masyarakat kasihan dengan Adha.

Pasalnya, warga menganggap rumah pribadi Puger kurang layak dihuni untuk sembilan Adha. “Kenapa harus di tengah masyarakat? Anak-anak ini kan tanggung jawab negara. Ke mana negara dalam situasi seperti ini,” ungkapnya.

Setelah adanya mediasi antara tokoh masyarakat dan pengelola LSM Lentera, Adha akhirnya hanya diizinkan masuk dan melihat rumah tersebut, namun warga tetap belum mengizinkan mereka tinggal di sana.


(SAN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

34 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA