Jet Rusia Gempur 1.500 Target di Suriah

Willy Haryono    •    Minggu, 06 Dec 2015 18:28 WIB
suriah membara
Jet Rusia Gempur 1.500 Target di Suriah
Foto dari Kemenhan Rusia pada 23 November 2015 memperlihatkan lokasi serangan udara di Deir Ezzor, Suriah. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Angkatan udara Rusia menggempur hampir 1,500 target di sejumlah titik di Suriah dalam sembilan hari terakhir. 

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan angkatan udara telah melakukan 431 misi dan membombardir 1,458 target di beberapa daerah di Suriah. Kemenhan Rusia tidak menyinggung nama kelompok militan Islamic State (ISIS) dalam laporan terbaru ini. 

Dari ribuan target terdapat sebuah "pos komando" di dekat kota Khnaifess di Homs, dan sebuah "gudang amunisi besar" di dekat Morak di area Hama. 

Seperti dilansir AFP, Sabtu (5/11/2015), serangan udara juga menghancurkan sebuah "markas militan" di sebuah lokasi strategis di dekat Kassab di area Latakia. 

Sekitar 40 trup besar yang "digunakan untuk mengangkut minyak" juga dihancurkan serangan di dekat Aleppo dan Raqqa. Jet Rusia juga menghancurkan 12 stasiun minyak dan delapan ladang minyak di Suriah. 

Rusia mulai terlibat dalam operasi militer di Suriah pada 30 September. 

Terkait minyak, Rusia menuding Turki membeli minyak dari ISIS. Tudingan dilontarkan setelah Turki menembak jatuh jet tempur Rusia. 

Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Turki menembak jet karena ingin melindungi pasokan minyak dari ISIS. Sementara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan dirinya akan mundur jika tuduhan Putin terbukti.



(WIL)