SIM Online

SIM Online, Proses Pengurusannya Mudah dan Fleksibel

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 06 Dec 2015 19:37 WIB
sim online
SIM Online, Proses Pengurusannya Mudah dan Fleksibel
Grand Launching SIM Online di Senayan, Jakarta. MTVN/M Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) bersama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan SIM Online, di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat, pada hari ini, Minggu, 6 Desember. Hal menarik yang selalu ditegaskan dalam sistem yang baru ini, adalah kemudahan dalam pengurusan dan juga fleksibel.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, tujuan inovasi BRI dan Korlantas Polri untuk sistem ini adalah untuk mempermudah masyarakat dan memberikan kemurahan. Murah artinya masyarakat tidak harus kembali ke tempat asal hanya untuk perpanjangan SIM.

Menurut Asmawi, apa yang mereka lakukan bersama Korlantas Polri saat ini sudah terintegrasi. Bank Rakyat Indonesia punya peran dan dilibatkan dalam sistem pembayaran online.

Asmawi menambahkan, untuk sistem pembayarannya sangat fleksibel. Khusus nasabah BRI, tidak peru lagi repot membayar secara tunai karena bisa melalui kartu debit BRI. Sementara bagi yang belum memiliki kartu atau bukan nasabah BRI, bisa melakukannya secara tunai.

Gebrakan baru dari BRI ini adalah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dari pelayanan SIM secara Real Time Online terhubung dengan Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2). Sehingga seluruh penyetoran PNBP dapat dilaksanakan dengan prinsip 4T, yaitu Tepat Administrasi.

Tepat Jumlah, Tepat Waktu, dan Tepat Rekening yaitu Rekening Kas Negara di Bank Indonesia, dan pembayaran dapat dilakukan melalui teller BRI dan e-Channel.
 


(UDA)