15 Tahun Terakhir Keluhan pada PLN Selalu Tinggi

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 06 Dec 2015 23:17 WIB
pln
15 Tahun Terakhir Keluhan pada PLN Selalu Tinggi
Ilustrasi PLN - ANT/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat selama 15 tahun belakangan ini sektor kelistrikan menjadi sektor yang mendapatkan banyak keluhan. Keluhan datang dari tarif listrik dan pelayanan yang diberikan PT PLN (Persero).

Ketua YLKI, Tulus Abadi mengatakan, kenaikan tarif listrik yang menjadi keluhan ini didasari karena tidak seimbangnya tarif dengan apa yang didapatkan ke konsumen. Sering kali terjadi mati listrik di sejumlah daerah padahal tarif listrik terus mengalami kenaikan.

"Ada kenaikan itu pengaduan banyak sekali, karena sejak sekitar 15 tahun terakhir pengaduan terakhir listrik," kata Tulus dalam diskusi Energi Kita di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Minggu (6/12/2015).

Tulus menambahkan, setiap kali ada pemadaman, PT PLN dinilai kurang dalam memberikan jawaban yang pasti kepada masyarakat. Dalam hal ini, masyarakat merasa dirugikan.

Hingga saat ini saja kata dia, masih ada daerah yang mendapat pemadaman listrik lebih dari tiga kali dalam sehari. "Kondisi ini terjadi tapi Pemerintah malah menaikan tarif. Ini sangat memukul. PLN tidak maksimal memberikan pelayanan," pungkas dia.


(REN)