Jelang Tuntutan, Kuasa Hukum Sebut Rio tak Berniat Terima Suap

Damar Iradat    •    Senin, 07 Dec 2015 11:15 WIB
gratifikasi bansos sumut
Jelang Tuntutan, Kuasa Hukum Sebut Rio tak Berniat Terima Suap
Patrice Rio Capella menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin 30 November 2015. Antara Foto/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Patrice Rio Capella menjalani sidang pembacaan tuntutan hari ini. Kuasa hukum Rio, Maqdir Ismail berharap, jaksa menuntut dengan adil.

Menurut Maqdir, kliennya itu tidak punya niat menerima suap dari Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti. Maqdir menilai, seharusnya jaksa KPK berani menyatakan kliennya tidak terbukti bersalah.

Maqdir menambahkan, kasus ini seharusnya tidak ditangani KPK. Sebab, kewenangan lembaga antikorupsi itu menangani kasus korupsi minimal kerugian negara Rp1 miliar. Sedangka suap yang dikaitkan dengan Rio hanya Rp200 juta.

"Kami tidak ingin ada tuntutan yang tidak patut. Soal peluang itu (bebas) bagaimana pembelaan kami pekan depan, harusnya bebas," pungkasnya.

Rio didakwa menerima hadiah atau janji sebesar Rp200 juta dari Gatot dan Evy. Duit diberikan lantaran Rio membantu memfasilitasi islah antara Gatot dan Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. Suap itu juga diduga agar Rio mengamankan kasus Gatot di Kejaksaan Agung.

Rio diancam Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA