Novanto Punya Hak Minta Sidang Tertutup

M Rodhi Aulia    •    Senin, 07 Dec 2015 11:21 WIB
pencatut nama presiden
Novanto Punya Hak Minta Sidang Tertutup
Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) akan menggelar sidang dengan agenda mendengarkan keterangan Ketua DPR Setya Novanto sebagai teradu. Soal mekanisme sidang terbuka atau tertutup, belum bisa dipastikan.

Sebab, menurut Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad pengadu, teradu, dan saksi, punya hak untuk meminta sidang terbuka atau tertutup.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengatakan hal itu diatur dalam Undang-Undang MD3 dan Tata Tertib DPR. "Sepanjang alasan beliau rasional, tidak masalah," ujar Junimart, Senin (7/12/2015).

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, sidang bisa tertutup misalnya jika keterangan pengadu, teradu, dan saksi menyangkut rahasia negara. Junimart sendiri sangat berharap, sidang terbuka untuk umum.

Sidang sedianya dimulai pukul 09.00 namun diundur hingga pukul 13.00 WIB atas permintaan Novanto.

Ketua MKD Surahman Hidayat membacakan surat Novanto dalam rapat pleno MKD. Pada pokoknya, Novanto beralasan memiliki agenda lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Anggota MKD Akbar Faizal mempertanyakan alasan yang tidak disebutkan jelas. Akbar bisa memaklumi bila Novanto tidak bisa menghadiri sidang MKD karena menerima tamu dari negara lain atau membuka acara penting di tempat lain.

Meski demikian, Akbar akan mematuhi permintaan penundaan tersebut. Ia akan siap mengadili etika Novanto pada pukul 13.00 WIB. Rapat pleno MKD hanya dihadiri Surahman Hidayat, Junimart Girsang, Akbar Faizal dan Sukiman.


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA