Kementan Targetkan Penambahan 3,5 Juta Ha Lahan Tanam Padi

Eko Nordiansyah    •    Senin, 07 Dec 2015 13:32 WIB
pertaniankementerian pertaniankementan ads
Kementan Targetkan Penambahan 3,5 Juta Ha Lahan Tanam Padi
Mentan Amran Sulaiman ketika melakukan tanam padi di Desa Rawakidang (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan penambahan sebanyak 3-3,5 juta hektare (ha) lahan tanam padi baru selama Desember 2015. Pemenuhan target tersebut didukung pula oleh Pencanangan Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu melalui Kegiatan Tanam Serempak.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, gerakan tanam serempak akan dilakukan dikurang lebih di 500 kabupaten dan 34 provinsi mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Kami sudah sampaikan, jika semuanya sudah siap, baik sarana dan prasana. Gerakan ini akan dimulai dari Sabang sampai Merauke," kata Amran, di Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Senin (7/12/2015).

Dirinya menambahkan, penambahan 3-3,5 juta ha lahan tanam padi baru adalah di luar dari standing crops atau lahan padi yang sudah ditanam dari saat ini yang sudah sekitar 3,78 juta ha untuk tanaman padi.

Oleh sebab itu, Amran berharap, jika seluruh pemangku kebijakan mampu memberikan kontribusi secara baik. Hal tersebut tidak lain sebagai upaya meningkatkan produktivitas swasembada pangan nasional tanpa bergantung pada impor.

"Akan ada penambahan 3-3,5 juta ha lahan tanam padi baru dari kegiatan ini. Kami harapkan seluruh dinas kabupaten, dinas provinsi, bupati, seluruh petani Indonesia dan stakeholders lainnya bisa mendukung gerakan ini agar jumlah tambah tanam lebih tinggi dari 2015," pungkasnya.


(ABD)