Kementan akan Datangkan 300 Ekor Sapi asal NTT

Eko Nordiansyah    •    Senin, 07 Dec 2015 13:45 WIB
kementerian pertaniankementan adsimpor sapi
Kementan akan Datangkan 300 Ekor Sapi asal NTT
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri) (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendatangkan sebanyak 300 ekor sapi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Rencananya sapi tersebut akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 11 Desember 2015.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan, harga daging di NTT tercatat hanya Rp27 ribu per kilogram (kg) bobot sapi. Karena itu, dirinya berani membeli seharga Rp30 ribu per kg bobot sapi untuk didatangkan ke Jakarta.

"Biasanya sampai dalam dua bulan tapi sekarang akan sampai dua minggu. Jadi ketika sampai nantinya harga akan dibeli pedagang Rp60 ribu dan dijual ke masyarakat sekitar Rp70 ribu hingga Rp75 ribu per kg," kata Amran, di Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Tangerang, Senin (7/12/2015).
  
Dirinya menambahkan, upaya pengadaan sapi akan terus dilakukan sebagai upaya menekan harga daging yang biasanya akan mengalami kenaikan dari harga keekonomian yang semestinya menjelang hari-hari besar.

Pada sisi lain, dirinya juga meminta agar masyarakat Indonesia tidak selalu mengandalkan daging sapi untuk dikonsumsi. Sebab, Indonesia memiliki alternatif daging lainnya seperti daging ayam dan daging ikan, yang bahkan produksinya berlimpah di dalam negeri.

"Itu ikan jauh lebih sehat dari pada daging sapi. Ikan kita berlimpah, kalau mau makan daging juga ada daging ayam. Jadi tidak perlu ribut-ribut lagi masalah daging. Harga daging sapi naik, harga daging turun, ribut," pungkas dia.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA