Polisi Bentuk Satgas Awasi Politik Uang

Patricia Vicka    •    Senin, 07 Dec 2015 14:31 WIB
pilkada serentak
Polisi Bentuk Satgas Awasi Politik Uang
Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnaen (kedua dari kiri) membentuk satgas khusus awali politik uang. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Kepolisian Resort Sleman membentuk satgas khusus untuk memantau penyelewengan dan pelanggaran pilkada. Satgas ini antara lain bertugas memantau politik uang dan pemberian barang-barang ke masyarakat selama masa tenang dan pemungutan suara berlangsung.

Di kantor KPU setempat, Senin 7 Desember, Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnaen mengatakan akan langsung menindak tegas pihak-pihak yang tertangkap tangan melakukan politik uang atau memberikan hadiah lainnya. 

Satgas tersebut berjumlah sekitar 20 orang ditambah pasukan intelijen dan reserse dari Polda DIY. Sementara itu, pihaknya juga menerjunkan 2/3 kekuatan personel yakni 1.356 orang untuk mengamankan pilkada berlangsung.

"Kami tambah pasukan satu kompi Brimob untuk berjaga-jaga. Pasukan itu bisa digerakkan sewaktu-waktu jika ada pergerakan masa," jelasnya.

Saat hari pemungutan suara berlangsung, pihaknya akan memfokuskan penjagaan pada 20 TPS yang masuk golongan wilayah rawan satu. 

"Wilayah rawan satu adalah wilayah yang di sana ada tempat tinggal mantan pejabat dan pejabat. Juga TPS tempat paslon dan basis pendukungnya mencoblos, itu prioritas penjagaan kita," katanya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan Pelanggaran Panitia pengawas Pemilu Sleman Sutoto Jatmiko mengatakan tindakan tegas juga akan ditempuh panwas.

"Ada sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang mengawasinya. Kalau ditemukan pelanggaran administrasi akan kami laporkan ke KPU. Kalau ditemukan pelanggaran pidana akan kami laporkan ke polda," pungkasnya.


(SAN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA