Makanan yang Boleh Dimakan Sesuai Umur

   •    Senin, 07 Dec 2015 14:49 WIB
kesehatan
Makanan yang Boleh Dimakan Sesuai Umur
Memasuki usia 30, Anda harus mulai membatasi jenis makanan (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan punya peranan penting dalam menunjang kesehatan. Makanan berminyak, olahan, kemasan, dan cepat saji mempunyai dampak tidak baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Seiring berjalannya waktu, Anda tak boleh mengonsumsi makanan sembarangan. Usia muda, karena organ tubuh masih berfungsi dengan baik, Anda boleh menyantap banyak jenis makanan. Namun, semakin menua umur Anda, maka Anda perlu memilih apa yang patut untuk dimakan.

Laju metabolisme akan menurun seiring bertambahnya usia sehingga tubuh cenderung rentan terserang penyakit.

Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang patut Anda konsumsi sesuai dengan usia agar tubuh selalu bugar.

- Usia 20 tahun

Pada usia ini, Anda bebas mengonsumsi semua jenis makanan asal menjaga keseimbangan gizinya. Umur 20-an memiliki metabolisme tinggi sehingga tubuh berupaya meluruhkan racun dengan baik. Jangan lupa, untuk tetap mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian yang cukup setiap harinya agar kulit tak cepat menua.

- Usia 30 tahun

Hindari makanan yang bisa melonjakkan gula darah dan kolesterol. Di usia ini, Anda lebih berisiko terkena diabetes, kolesterol, serta obesitas. Sertakan makanan kaya serat ke dalam menu harian Anda seperti biji-bijian, gandum, sereal, buah, dan sayuran. Makanan berserat dapat membuat Anda tetap kenyang dalam jangka waktu lama.

- Usia 40 tahun

Pada usia ini, tubuh harus mendapatkan antioksidan tinggi unuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh. Perbanyak makan tomat mentah, buah delima, dan ceri yang memiliki antioksidan tinggi. Hindari juga daging merah dan makanan olahan seperti pasta. (Sumarni/Boldsky)


(ROS)