Mantan Ketua DPR: Setya Novanto Bisa Dicopot

Damar Iradat    •    Senin, 07 Dec 2015 15:11 WIB
pencatut nama presiden
Mantan Ketua DPR: Setya Novanto Bisa Dicopot
Marzuki Alie. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Setya Novanto dinilai bisa dicopot dari jabatan Ketua DPR. Ketua DPR  periode 2009-2014 Marzuki Alie mengatakan Novanto sudah jelas melanggar kode etik Dewan.

Menurut Marzuki, yang perlu MKD teliti adalah seberapa besar kesalahan Novanto. Selain sidang kode etik di MKD, dia mengatakan, Dewan juga perlu membentuk angket.

"Ini banyak raja-raja yang bermain. Tapi, dengan angket ketahuan nanti siapa yang berada di balik ini semua. Ini gajah bertarung dengan gajah," kata Marzuki di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Politikus Partai Demokrat itu menilai Novanto tidak masalah bertemu Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Yang diduga melanggar etika Dewan adalah pembicaraan dalam pertemuan itu yang membahas soal saham dan kontrak karya Freeport di Indonesia.

Adalah Maroef yang melaporkan skandal ini ke Menteri ESDM Sudirman Said. Dalam laporan Sudirman ke MKD, dikatakan Novanto meminta saham dengan mencatut presiden dan wakil presiden.

Rabu 2 Desember, MKD sudah memeriksa Menteri Sudirman Said sebagai pelapor dan Kamis 3 Desember, MKD meminta keterangan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Kedua sidang digelar terbuka.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA