Masyarakat Muslim Sunda Desak Bupati Purwakarta Diadili

Jaenal Mutakin    •    Senin, 07 Dec 2015 15:22 WIB
penistaan agama
Masyarakat Muslim Sunda Desak Bupati Purwakarta Diadili
Foto: Unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Barat, mendesak Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi diadili atas kasus dugaan penistaan agama/MTVN_Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan orang yang tergabung dalam Masyarakat Muslim Sunda berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Barat, Kota Bandung, Senin 7 Desember. Mereka mendesak Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

"Kami Masyarakat Sunda, meminta agar Dedi Mulyadi diproses secara hukum karena telah melakukan penistaan agama Islam dengan mengatasnamakan adat dan budaya Sunda," kata Asep Syaripudin, perwakilan Masyarakat Muslim Sunda, saat berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (7/12/2015).

Pantauan Metrotvnews.com, sejumlah pengunjuk rasa mengenakan atribut Front Pembela Islam (FPI). Mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan 'Adili Dedi Mulyadi.' Dalam orasinya, mereka mendesak Gubernur menegur Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi karena dinilai menistakan agama melalui buku dan pidatonya.

Baca: Polda Jabar Selidiki Kasus Penistaan Agama di Purwakarta

Berikut pernyataan sikap Masyarakat Muslim Sunda dalam aksi protes ini:
1. Sunda identik dengan Islam
2. Adat Sunda sejalan dengan syariat Islam
3. Kemusyrikan bukan adat Sunda
4. Selamatkan Purwakarta dari kemusyrikan
5. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi diduga telah melakukan penistaan agama Islam dengan mengatasnamakan adat dan budaya Sunda.
6. Mendorong penuh langkah Muslim Sunda Purwakarta yang telah melakukan `perlawanan` terhadap Dedi Mulyadi atas perkataan, perbuatan, dan berbagai kebijakan Dedi Mulyadi yang merusak aqidah masyarakat muslim Sunda di Purwakarta.
7. Mendesak Polda Jawa Barat untuk segera melakukan proses hukum Dedi Mulyadi atas pelaporan penistaan agama.
8. Mendesak Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beserta jajaran Muspida Jawa Barat untuk melestarikan adat dan budaya Sunda sejalan dengan syariat Islam, serta menjaga kerukunan sesama Urang Sunda, khususnya masyarakat Jawa Barat.
9. Mengimbau kepada segala elemen masyarakat Sunda Jawa Barat untuk tidak terprovokasi dan diadu domba oleh pihak manapun yang tidak bertanggung Jawab (yang membenturkan Urang Sunda dengan Islam).
10. Mengajak kepada segenap elemen masyarakat Sunda, khususnya masyarakat Jawa Barat untuk memperkokoh tali persaudaraan dan persatuan serta menjaga dan melestarikan adat dan budaya Sunda yang sejalan dengan syariat Islam.


(TTD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA