Pertamina: Perjanjian Kontrak Blok Mahakam Tidak Selesai Tahun Ini

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Dec 2015 15:39 WIB
pertamina
Pertamina: Perjanjian Kontrak Blok Mahakam Tidak Selesai Tahun Ini
Blok Mahakam. FOTO Antara/Hermanus Prihatna.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyatakan perjanjian kontrak atau term and condition Blok Mahakam yang ditargetkan akan selesai akhir tahun ini diperkirakan molor dan kemungkinan baru akan selesai pada awal 2016.

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam mengatakan, proses perjanjian kontrak atas Blok Mahakam masih dalam proses, dan baru akan selesai awal tahun depan. Hal itu dikatakannya karena sampai Desember ini masih dalam pembahasan penyusunan kontrak bagi hasil atau Production Sharing Contract (PSC).

"Mahakam kan masih ada proses. Akhir tahun ini kan ditargetkan kita akan PSC term, itu target yang diberikan pak menteri. Jadi kalau kita lihat sekarang bulan Desember, bisa selesai, bisa tidak. Kemungkinan termnya tidak akan selesai tahun ini. Mungkin tahun depan akan selesai," kata Syamsu saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Pertamina berharap, kesepakatan term and conditioan atas Blok yang berlokasi di Kalimantan Timur ini bisa dilakukan tahun depan. Termasuk didalamnya porsi bagi hasil antara Pertamina dan negara.

Lebih lanjut, Syamsu menjelaskan, untuk bonus tandatangan (signature bonus) akan dihitung dari total aset atas Blok Mahakam. Namun, Dia menuturkan belum menerima hasil perhitungan total aset di Blok tersebut.

"Signature bonus nanti dihitungnya dari berapa nilai aset disitu, saya belum menerima. Kemudian pemerintah menentukan Pertamina membayar sekian persen dari aset itu," ucap dia.

Sementara itu, untuk share down sebesar 30 peersen yang dilakukan Pertamina, Syamsu mengungkapkan, sampai saat ini Pertamina baru membicarakan terkait soal transisi.

"Kita bicara dengan total dan inpex untuk bicara transisi, tapi PSC term-nya kita tidak bicarakan dengan mereka. Kita bicara ke pemerintah langsung," ungkap dia.

Sebagai informasi, Blok Mahakam akan habis masa kontraknya akhir tahun 2017 dan peralihan operasi dari Total E&P ke Pertamina akan diberlakukan mulai 1 Januari 2018

 


(SAW)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA