KPK: Kasus RS Sumber Waras masih Penyelidikan

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 07 Dec 2015 15:56 WIB
pembelian lahan rs sumber waras
KPK: Kasus RS Sumber Waras masih Penyelidikan
Zulkarnain. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi telah menerima audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan terkait pembelian lahan RS Sumber Waras. Audit akan dijadikan bahan untuk penyelidikan kasus tersebut.

Wakil Ketua KPK Zulkarnain memastikan KPK belum memutuskan untuk meningkatkan kasus ini ke penyidikan. Penyidik masih mengumpulkan alat bukti.

Dia menjelaskan, kasus ini bermula dari laporan masyarakat. Laporan itu kemudian masuk ke bagian Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK.

"Dari Dumas dilakukan verifikasi dan pengumpulan bahan keterangan awal, kemudian diserahkan ke bagian penyelidikan," kata Zulkarnaen dalam konferensi pers di KPK, Senin (7/12/2015).

Pada tahap penyelidikan ini, KPK meminta audit investigasi dari Badan Pemeriksa Keuangan. Data itu akan digunakan penyidik menggali kasus ini.

"Terhadap hasil audit karena ini baru tahap lidik, setelah didalami lagi ya bisa berkembang," jelas dia.

Lantaran masih penyelidikan, KPK juga belum bisa mengungkapkan nilai dugaan kerugian negara akibat pembelian lahan RS Sumber Waras. "Kami tidak bisa sampaikan saat ini berapa kerugian negara definitif, karena (sekarang) sifatnya belum definitif," pungkas dia.   


(KRI)