Biro SDA dan Satpol PP Jatim Jadi Target Pembenahan

Amaluddin    •    Senin, 07 Dec 2015 16:36 WIB
satpol pppemerintahan
Biro SDA dan Satpol PP Jatim Jadi Target Pembenahan
Gubernur Jatim Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Dua dari 68 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendapat nilai terburuk dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Gubernur Soekarwo pun menargetkan akan membenahi dua SKPD itu yaitu Biro Sumber Daya Alam (SDA) dan Satpol PP.

"Dua SKPD masih kurang dengan perolehan predikat CC atau belum mencapai baik (B)," kata Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu di Surabaya, Senin (7/12/2015).

Pakde Karwo mengakui dua SKPD itu bermasalah. Pada Mei 2015, hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan penyalahgunaan anggaran di biro SDA dan Biro Administrasi Perekonomian.

Namun, penyelesaian masalah di Biro Administrasi Perekonomian lebih cepat ketimbang Biro SDA. "Jadi di Biro SDA belum tuntas masalahnya," kata Pakde Karwo.

Pakde Karwo enggan menjelaskan lebih lanjut soal masalah di Satpol PP. Soekarwo hanya menyampaikan keberhasilan SKPD di Jatim, sebagian besar ditentukan dari kepemimpinan atau leadership, termasuk Satpol PP. Lantaran itu, Pakde Karwo mengatakan akan membenahi dua biro bermasalah itu di tahun 2016. 


(RRN)