Demokrat Tagih Janji Jokowi Lipatgandakan Anggaran KPK

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 07 Dec 2015 17:34 WIB
partai demokrat
Demokrat Tagih Janji Jokowi Lipatgandakan Anggaran KPK
Ilustrasi--Antara/Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat menagih janji Presiden Joko Widodo yang ingin melipatgandakan anggaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga 10 kali lipat. Janji itu diungkapkan Jokowi saat kampanye.

"Janji jokowi akan tingkatkan anggran KPK 10 kali lipat. Tapi, saya belum dengar," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin dalam diskusi di Restoran Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2015).

Dia juga mengungkit soal janji Jokowi yang akan meningkatkan jumlah penyidik lembaga antikorupsi. Faktanya, hingga kini jumlah penyidik KPK hanya 50 orang. "Padahal, ada 250 juta penduduk," jelas dia.

Didi menilai, Jokowi kurang bijak dalam menengahi konflik antara KPK dengan Kepolisian. Padahal, kata dia, seorangan presiden harusnya netral dan tak membuat satu pihak yang berkonflik merasa terpojok.

Sementara, dua janji Jokowi ini memang sempat disebutkan ketika dia melaporkan harta kekayaannya pada 26 Juni 2014 saat masa kampanye presiden. Dia menilai, KPK masih kesulitan dalam soal anggaran dan jumlah penyidik.

"Saya kira ribuanlah (penyidik) perlu ditambahkan agar kekuatan KPK betul-betul sebagai institusi yang betul-betul begitu kuat karena di depan," kata Jokowi setelah klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Ia mengatakan, penguatan KPK tersebut dibutuhkan. Apalagi melihat potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Anggaran perlu ditambah. Kalau ekonomi kita bagus bisa sampai meloncatnya mungkin perkiraan saya kurang lebih bisa 10 kali lipat," imbuh Jokowi.


(YDH)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA