Awasi Serah Terima Minyak Mentah, Pertamina Hemat Rp3 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Dec 2015 18:06 WIB
pertamina
Awasi Serah Terima Minyak Mentah, Pertamina Hemat Rp3 Triliun
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mencatat mampu menghemat uang sebesar Rp3 triliun dari upaya memperketat pengawasaan serah terima minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Project Coordinator TI Pembenahan Tata Kelola Arus Minyak Pertamina Faisal Yusra mengatakan, pengawasan serah terima minyak yang dilakukan sejak Maret 2015 telah menerapkan lima pilar strategis Pertamina yang berdampak pada penghematan signifikan sebesar Rp3 triliun.

"Saya menyampaikan bahwa pekerja Pertamina dengan berbangga hati bisa efisiensi menghasilkan Rp3 triliun dari proses serah terima minyak," kata Faisal, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Faisal menjelaskan, dalam menjalankan tugas ini yakni untuk mengawasi proses serah terima minyak tidaklah mudah. Ada kerumitan tersendiri dalam perhitungannya mulai dari pengiriman, penerimaan, alat angkut transportasi, dan pengendalian proses.

Dalam hal ini, lanjutnya, perhitungan itu termasuk rumit. Karena itu, perlu ada ketelitian tinggi dalam proses serah terima minyak sampai bisa dibawa ke kilang.

"Bagian proses serah terima minyak sangat kompleks, mulai mencari minyak dan gas mentah, kemudian minyak tersebut dibawa ke kilang. Prosesnya harus kita hitung dan sangat rumit. Jadi kompleks perbedaan perhitungannya," tutup dia.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA