Digitalisasi Rambah Koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 07 Dec 2015 20:28 WIB
wikimedia
Digitalisasi Rambah Koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya
Wikimedia berhasil digitalisasikan 12.004 halaman koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya.

Metrotvnews.com: Wikimedia Indonesia telah berhasil mendigitalisasikan 12.004 halaman Karya Jawa Cetak dan Melayu Lama koleksi Museum Tamansiswa Dewantara dari 100 naskah cetak jawa. Upaya digitalisasi ini sendiri sudah dimulai dimulai sejak Mei 2015.

Pengguna internet kini telah dapat mengakses 42 naskah melalui situs Wikimedia Commons. Empat puluh dua naskah tersebut disebut dapat diakses karena terdaftar pada wilayah domain publik Indonesia dan Amerika Serikat.

Selain 42 naskah tersebut, pengguna internet juga dapat mengakses 20 naskah lainnya melalui situs Wikipedia berbahasa Inggris. Dua puluh naskah ini disebut terdaftar di wilayah domain publik di Amerika Serikat, tetapi status hak cipta di Indonesia masih belum dapat dipastikan.

Sementara itu, sebanyak 38 naskah masih tersimpan di perpustakaan digital Wikimedia Indonesia, karena dinilai memiliki hak cipta di Indonesia dan Amerika Serikat. Wikimedia menyebut, naskah yang telah dapat diakses melalui situs Wikimedia Commons di antaranya Serat Muhammad dan Serat Pustaka Raja.

Proyek ini hadir untuk mendigitalisasi teks berbahasa jawa koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, yang berlokasi di Yogyakarta. Penyebarluasan hasil digitalisasi melalui via internet diharapkan mampu menjaga kelestarian teks dari seluruh koleksi dan mengurangi peluang kerusakan kertas akibat dipegang banyak tangan.
 


(MMI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA