Jokowi Minta Aturan Pengolahan Sampah Jadi Energi Disederhanakan

Desi Angriani    •    Senin, 07 Dec 2015 23:32 WIB
sampah
Jokowi Minta Aturan Pengolahan Sampah Jadi Energi Disederhanakan
Presiden Joko Widodo/MTVN/Desi Angriani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta regulasi pengelolaan sampah menjadi energi listrik disederhanakan. Mengingat capaian target energi baru dan terbarukan (EBT) pada 2025 sebesar 23 persen.

“Saya melihatnya di lapangan, sampahnya banyak, yang mau menyelesaikan banyak, tetapi aturannya yang menyulitkan,” kata Presiden dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Dia menilai, penyederhanaan aturan akan menarik investor untuk berinvestasi dalam pengolahan sampah. Selain itu, aturan yang jelas mengenai pengolahan sampah juga akan membuat semua kota menjadi bersih.

“Tapi yang ingin kita bicarakan sore ini adalah bagaimana aturan itu menyebabkan investor bisa segera masuk, investasi bisa segera masuk, dan sampah menjadi hilang dari peredaran,” ungkap dia.

Terkait tarif listrik yang dihasilkan dari pengolahan sampah, Presiden berencana memberikan subsidi suapaya harga jual energi listrik dari hasil pengolahan sampah tersebut menjadi terjangkau.

“Masalah harga mungkin bisa saja disubsidi dari pemerintah itu kalau memang kemungkinan di sisi PLN kalkulasinya enggak masuk,” ucap Presiden.


(OJE)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA