1863: Rugby dan Sepak Bola Akhirnya Bercerai

Kautsar Halim    •    Selasa, 08 Dec 2015 06:46 WIB
pada hari ini
1863: Rugby dan Sepak Bola Akhirnya Bercerai
Buku asli tentang peraturan sepak bola yang muncul pada 1863. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekilas olahraga rugby dan sepak bola memiliki kesamaan. Ya, hal itu terjadi karena keduanya memang berkaitan erat dalam perkembangannya sebelum menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia hingga saat ini.

Seperti dilansir, FIFA.com, ternyata rugby dan sepak bola baru dipisahkan di Inggris sekitar dua abad yang lalu atau tepatnya pada 8 Desember 1863. Pemisahan itu terjadi karena gaya permainan rugby sudah makin berkembang, atau mulai dominan memakai kaki atau tendangan.

Charterhouse, Westminster, Eton dan Harrow adalah beberapa sekolah di Inggris yang berpengaruh besar terhadap perubahan gaya permainan rugby yang luwes dan lebih mengandalkan teknik tersebut. Perbedaan itu sempat memicu perseteruan karena beberapa sekolah yang lain, misalnya Cheltenham, menginginkan rugby berlangsung kasar dan tetap konsisten lebih dominan membawa bola dengan tangan.

Seiring memanasnya perbedaan pendapat tentang gaya permainan rugby itu, akhirnya Universitas Cambridge mencoba melerainya dengan membagi rugby dan sepak bola sebagai dua jenis olahraga yang berbeda. Tak ayal, tidak lama kemudian lahirlah Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Sejak saat itu, sepak bola mulai memiliki peraturan khusus yang salah satunya adalah melarang menyentuh, atau membawa bola dengan tangan. 

Perkembangan sepak bola di Inggris tumbuh secepat kilat. Hanya dalam waktu 8 tahun, FA sudah memiliki 50 klub anggota dan aktif menyelenggarakan kompetisi. Turnamen sepak bola pertama di dunia, FA Cup berhasil diselenggarakan pada 1872. Beberapa tahun kemudian, atau tepatnya pada 1888, liga utama Inggris bahkan bisa digelar.  

Setelah FA Inggris berdiri, berbagai asosiasi sepak bola dari negara lain pun mulai bermunculan, yakni FA Skotlandia (1873), FA Wales (1875) dan FA Irlandia (1880). Organisasi sepak bola dari luar Inggris Raya baru mulai berkembang beberapa tahun kemudian dan lebih banyak tersebar di Eropa dan Amerika Selatan. Di antaranya, Belanda dan Denmark (1889), Selandia Baru (1891, Argentina (1893), Cile (1895), Swiss dan Belgia (1895), Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hungaria (1901) dan Finlandia (1907).

Ketika Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dibentuk di Paris pada Mei 1904, terdapat tujuh negara yang ikut terlibat, yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol (saat itu diwakili oleh Madrid FA), Swedia dan Swiss. Lewat badan inilah, akhirnya sepak bola makin mendunia dan lahir peraturan sepak bola modern yang terus berkembang. Stanley Rous, sempat mengesahkan peraturan sepak bola modern ketika menjabat sebagai presiden FIFA antara 1937 dan 1938. (FIFA.com)

 


(KAU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA