Rupiah Berpeluang Kembali Melemah

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 08 Dec 2015 09:02 WIB
kurs rupiah
Rupiah Berpeluang Kembali Melemah
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Rupiah diprediksi masih berpeluang kembali melemah pada perdagangan hari ini. Pelemahan ini menyusul beberapa sentimen yang menyenggol gerak rupiah.

Namun demikian, menurut Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, cadangan devisa yang terus turun menunjukkan masih adanya usaha Bank Indonesia (BI) untuk mencegah pelemahan rupiah yang terlalu dalam.

"Tetapi ketika itu terjadi saat gejolak di pasar global semakin intensif, kenyamanan investasi di aset berdenominasi rupiah justru bisa berkurang. Rupiah berpeluang kembali melemah hari ini," ujar dia dalam hasil risetnya, Selasa (8/12/2015).

Menurut dia, rupiah sempat stabil di pembukaan kemarin tetapi ditutup melemah bersamaan dengan pelemahan mayoritas mata uang di Asia. Tidak hanya penguatan dolar, tetapi anjloknya harga komoditas juga menjadi penyebab utama pelemahan rupiah.

Dia memaparkan, harga minyak mentah anjlok hampir enam persen hingga dini hari tadi untuk menuju level terendah dalam enam tahun dan masih dipicu keputusan OPEC yang belum akan memangkas produksi minyak harian.

Di sisi lain, dolar index masih berada dalam sentimen penguatan sementara euro perlahan mengoreksi penguatan tajamnya di minggu lalu.

"Pagi ini ditunggu neraca perdagangan Tiongkok yang diperkirakan membaik. Di sore hari angka prediksi pertumbuhan Zona Euro kuartal III-2015 diperkirakan tetap di 1,6 persen YoY," pungkas dia.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA