JK: Di Indonesia Pemimpin Laki-laki dan Perempuan Sama

Dheri Agriesta    •    Selasa, 08 Dec 2015 10:23 WIB
pilkada serentak
JK: Di Indonesia Pemimpin Laki-laki dan Perempuan Sama
Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam Pilkada di Indonesia, tak jarang perempuan yang bersaing mendapatkan kursi kepala daerah dengan kaum laki-laki. Hal ini membuktikan posisi perempuan dan laki-laki sama dalam kaca mata politik Indonesia.

"Dikatakan tadi anda semua akan menyaksikan pemilu di Tangsel (Tangerang Selatan). Itu ada pemilihan juga di sini, perempuan Indonesia dihargai. Calonnya di sana perempuan, cantik lagi. Itu penting diketahui di Indonesia laki-laki dan perempuan itu sama saja memimpin," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka acara Election Visit Program yang diadakan Komisi Pemilihan Umum di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

JK mengatakan, hal itu bisa menjadi bukti demokrasi di Indonesia berjalan baik dan transparan. Majunya calon perempuan dalam pilkada juga menjadi bukti keterbukaan Indonesia dalam demokrasi.

Padahal, dalam demokrasi permasalahan gender menjadi hal yang paling rumit dan kerap diperbincangkan banyak pihak. Pria asal Makassar ini pun mengapresiasi kerja KPU yang telah berusaha menjaga pelaksanaan pilkada serentak dengan baik.

"Saya berterima kasih kepada KPU sudah menjamin netralitas dalam pilkada dengan baik," pungkas JK.

Pilkada Kota Tangsel akan diikuti tiga pasangan calon. Paslon pertama yakni Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie diusung Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan PPP.

Sedangkan, paslon kedua adalah Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra yang diusung Partai Demokrat dan Gerindra. Dan, paslon ketiga, yakni Arsid-Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri diusung oleh PDI Perjuangan dan Hanura.

Tak hanya Tangsel, beberapa daerah seperti Surabaya juga menghadirkan Tri Rismaharini sebagai salah satu calon Wali Kota Surabaya. Risma, demikian ia akrab disapa, merupakan paslon petahana yang telah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya periode lalu.


(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA