3 Anggota MKD Bakal Jemput Handphone Bos Freeport di Kejagung

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 08 Dec 2015 13:10 WIB
pencatut nama presiden
3 Anggota MKD Bakal Jemput <i>Handphone</i> Bos Freeport di Kejagung
Ilustrasi--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak tiga anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bakal menyambangi Kejaksaan Agung, siang ini. Mereka akan menjemput telepon genggam Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin yang dijadikan alat bukti kasus Ketua DPR Setya Novanto.

"Saya, pak Kahar Muzakir, dan Junimart Girsang yang akan ke sana," kata Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Politikus Partai Gerindra mengatakan, pihaknya langsung menyerahkan telepon genggam tersebut kepada Mabes Polri untuk diuji forensik. Dasco enggan membawa telepon genggam berisikan rekaman asli tersebut ke Mahkamah Kehormatan DPR. "Kalau kita simpan di sini, takut kita (diganggu alat buktinya)," tukas dia.

Keputusan MKD mengajukan uji forensik tersebut untuk memastikan suara yang terdengar dalam rekaman tersebut. Kendati sudah memanggil pengadu, teradu dan satu orang saksi, MKD belum bisa memastikan suara tersebut memang asli. "Mirip iya. (Uji forensik ini) supaya pasti," ujar dia.

Sebelumnya, telepon genggam bos Freeport Indonesia itu sudah berada di tangan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung, sejak Kamis, 3 Desember lalu. Telepon itu digunakan untuk kepentingan penyelidikan oleh Jampidsus.

Dalam sidang MKD, Senin, 7 Desember, Setya Novanto menolak mengomentari rekaman tersebut. Novanto hanya menjawab tidak dan membuat MKD kebingungan. Sementara, Maroef sebagai saksi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai pengadu mengakui rekaman tersebut.


(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA