BEI: Pilkada Serentak Tak Berdampak bagi Pasar Modal

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Dec 2015 13:42 WIB
bursa efek
BEI: Pilkada Serentak Tak Berdampak bagi Pasar Modal
lustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakui event pilkada serentak tidak terlalu signifikan dampaknya terhadap perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Pasalnya, event itu hanyalah politik semata berbeda sekali dengan transaksi perdagangan saham di bursa.

"Pilkada efeknya libur. Saya kira tidak terlalu signifikan terhadap perdagangan saham di BEI. Kenapa? Karena ya tidak ada aktivitas saham, kan perdagangan tutup," tutur Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (7/12/2015).

Dana pilkada serentak yang digelontorkan pemerintah mencapai Rp7,1 triliun. Dana itu, sebut Samsul, tidak ada pengaruhnya bagi bursa saham. Lantaran dana itu digunakan untuk pelaksanaan pilkada di luar DKI Jakarta, sehingga efeknya pun tidak ada.

"Ya di sana kan yang banyak pilkada. Pilkada bukan di sini, pilkada pun efeknya tidak masuk ke saham, tidak berpengaruh lah," jelas Samsul.

Tidak hanya pilkada serentak, Samsul menekankan event besar seperti Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden saja dampaknya tidak terasa bagi kondisi pasar modal. 

"Jadi, saya sampaikan pilkada tidak ada hubungannya, itu politik, kita kan pasar modal. Tidak ada pengaruh lah. Pemilu yang kita jalani beberapa kali saja tidak ada pengaruhnya," tutup Samsul.


(SAW)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA