MKD Batal Pinjam Ponsel Bos Freeport

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 08 Dec 2015 14:18 WIB
pencatut nama presiden
MKD Batal Pinjam Ponsel Bos Freeport
Sufmi Dasco Ahmad (kanan) bersama dua pimpinan MKD. Foto: MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) batal meminjam ponsel milik Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dari Kejaksaan Agung. Alasannya, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo tak sedang di kantor.

"Jaksa Agung sedang sidang kabinet. Tidak jadi hari ini," kata Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (8/12/2015).

Sufmi tidak merinci alasan keharusan bertemu Jaksa Agung untuk meminjam ponsel tersebut. Padahal, barang bukti dalam penyelidikan kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden itu ada di penyidik pidana khusus yang dipimpin Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah.

Sebelumnya, Sufmi sempat mengutarakan rencana menjemput alat bukti tersebut. Penjemputan itu akan langsung dilakukan dirinya bersama dua Wakil Ketua MKD lain. Yakni, Kahar Muzakir dan Junimart Girsang.

Ponsel Maroef diperlukan untuk mengecek keabsahan rekaman tersebut melalui uji forensik di Mabes Polri. Dari sana, MKD dapat menentukan langkah selanjutnya dalam mengadili etik Ketua DPR Setya Novanto. Ponsel itu disita Kejagung yang kini tengah mengusut dugaan pidana dalam kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden. 


(KRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA