DKI Siap Operasikan 1500 Bus Saingi Metromini

Intan fauzi    •    Selasa, 08 Dec 2015 16:55 WIB
angkutan umum
DKI Siap Operasikan 1500 Bus Saingi Metromini
Metromini menaikan penumpang di jalur khusus TransJakarta di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan 1500 bus untuk menyaingi Metromini. Bus itu akan beropersi di sejumlah trayek yang selama ini menjadi rute Metromini.
 
Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, pihaknya mendorong peremajaan bus Mteromini. Namum, jika mereka tidak mengganti bus, masyarakat akan memilih bus pemerintah yang memiliki pelayanan lebih baik. Metromini akan ditinggalkan.
 
"Kita hantam (Metromini) dengan 1.500 bus baru yang kami beli. Naik Metromini bayar Rp3 ribu mobil jelek, sopir arogan. Bus pemerintah pakai AC, nyaman, bayarnya Rp 4 ribu, silakan masyarakat pilih mana. Jadi tidak usah dipaksa, mereka (Metromini) akan hilang sendiri," kata Andri di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2015).
 
Pemerintah DKI Jakarta tidak akan kerja sama dengan angkutan umum yang tidak memiliki badan hukum. Pemerintah akan kerja sama dengan Metromini jika angkutan itu memiliki kepengurusan yang jelas.
 
"Silakan, dia mau ikut Kopaja, dia mau berdiri sendiri. Yang jelas saya berkontrak kepada badan usaha, operator yang jelas, buakn perorangan," katanya.
 
Andri mengungkapkan, kepengurusan PT Metromini terbelah. Pasalnya, Novrialdi dan Halomoan Panjaitan sama-sama mengaku sebagai Dirut PT Metromini. Hal itu itu tak menjadi hambatan bagi Dishubtrans untuk melakukan peremajaan angkutan umum.
 
"Bisa saja (terbelah), ganti nama terus ganti operator baru, tidak harus Metromini. Kemungkinan itu masih bisa," kata Andri.
 
Andri tak ingin campuri masalah kepengurusan Metromini. Dishubtrans hanya fokus menerapkan sistem rupiah per kilometer.
 
Metromini memiliki sebanyak 1.400 unit bus dan yang bisa beroperasi diperkirakan 1.000 unit. "Bus mereka 3.000 bus, tapi 1600 sudah saya stop operasi, sisa 1.400," jelasnya.
 


(FZN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA