Din Syamsuddin Sebut MKD Memalukan

Ilham wibowo    •    Selasa, 08 Dec 2015 17:27 WIB
pencatut nama presiden
Din Syamsuddin Sebut MKD Memalukan
Sidang di MKD. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan dinilai sangat tidak jujur. Setelah dua kali menggelar sidang terbuka, MKD memutuskan sidang tertutup saat mendengarkan keterangan Ketua DPR Setya Novanto.

Tokoh agama Din Syamsuddin mengatakan, sikap MKD memilukan dan memalukan. "Apa yang mengemuka di permukaan adalah teater dengan lakon penuh kamuflase, penuh kosmetika politik yang kurang menampilkan kejujuran," kata Din di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/12/2015).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu heran mengapa Novanto mengajukan sidang tertutup jika memang benar tidak meminta saham. Publik justru semakin curiga ketika sidang pada Senin siang 7 Desember itu digelar tertutup.

Menurutnya, para politikus dan pimpinan partai politik, sudah saatnya mengedepankan kejujuran dalam berpolitik. Ia berharap masalah ini dibuka hingga terang benderang.

"Semua yang disebut dalam rekaman itu bila perlu diminta kesaksiannya dan pengakuannya, kemudian proses hukum akan menentukan keputusannya," ujar Din.

Din mengatakan, banyak pihak membungkus kasus dugaan Novanto meminta saham ke PT Freeport Indonesia atas dasar kepentingan politik, partai, dan ekonomi orang per orang, sehingga mengenyampingkan kejujuran. Menurutnya, secara moral, bangsa dan negara dirugikan.

Din menyampaikan, penting menyelesaikan kasus ini melalui jalur hukum. Hal ini dilakukan jika MKD gagal menegakkan kehormatan Dewan. "Jika ada cukup kuat indikator korupsinya bisa langsung ditangani KPK," katanya.


(TRK)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA