Atlet Empat Negara Siap Ikut Marathon 10K BIMP-EAGA

   •    Selasa, 08 Dec 2015 17:35 WIB
atletik
Atlet Empat Negara Siap Ikut Marathon 10K BIMP-EAGA
Ilustrasi lari marathon (istimewa)

Metrotvnews.com, Makassar: Atlet empat negara menyatakan kesiapannya meramaikan lomba lari Marathon 10K BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) di Makassar, 13 Desember 2015.

Seluruh negara yang tergabung dalam BIMP-EAGA sudah menyatakan kesiapannya seperti Brunei, Malaysia, Filipina, dan Indonesia, kata sekretaris panitia Marathon 10K BIMP-EAGA 2015 Nukhrawi Nawir di Makassar, Selasa 8 Desember.

Khusus tiga negara yakni Brunei, Malaysia, dan Filipina, kata dia, hanya mengirikan beberapa wakilnya pada pelaksanaan kali ini. Namun panitia tetap mengapresiasi karena telah berkomitmen hadir dan bersaing dalam kegiatan tersebut.

"Biasanya memang hanya beberapa yang diikutkan. Alasannya tentu saja masalah anggaran karena jika membawa banyak atlet tentu biaya yang harus dikeluarkan juga lebih besar," jelasnya.

Sementara itu, khusus daerah atau provinsi di Indonesia yang bergabung dalam BIMP-EAGA, lanjut dia, tentunya akan menurunkan lebih banyak atlet. Di antaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara,  Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Peserta juga datang dari provinsi yang ada di Sulawesi, seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat serta Sulawesi Selatan selaku tuan rumah.

"Peserta dari provinsi inilah yang akan meramaikan ajang lomba lari 10K Bimp-EAGA di Makassar. Kami targetkan ada ribuan peserta yang akan hadir pada ajang nanti," ujarnya.

Panitia masih terus menunggu pendaftaran para peserta hingga 10 Desember 2015 mendatang. Panitia pelaksana juga meminta masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini segera mendaftarkan dirinya sebelum batas waktu berakhir.

"Kami tentunya berharap dukungan dari seluruh pihak demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan. Untuk kejuaraan ini memperlombakan peserta putra dan putri," jelasnya.

Selain agenda olah raga, Makassar juga ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan BIMP-EAGA yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

BIMP-EAGA adalah kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang dibentuk secara resmi pada Pertemuan Tingkat Menteri  (PTM) ke-1 di Davao City, Filipina pada tanggal 26 Maret 1994.

Kerja sama bertujuan  meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara BIMP-EAGA. Para pelaku usaha diharapkan menjadi motor penggerak kerja sama dimaksud sedangkan pemerintah bertindak sebagai regulator dan fasilitator.(Ant)


(RIZ)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA