KPK Batal Undang Ahok Hadiri Hari Antikorupsi Dunia

Intan fauzi    •    Selasa, 08 Dec 2015 18:17 WIB
basuki tjahaja purnama
KPK Batal Undang Ahok Hadiri Hari Antikorupsi Dunia
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. (Foto:MI/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal mengundang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ke peringatan Hari Antikorupsi Dunia yang diselenggarakan besok di Bandung, Jawa Barat. Tidak ada penjelasan terkait pembatalan tersebut.
 
Ahok tidak mengetahui alasan pasti mengapa undangan terhadap dirinya itu dibatalkan. "Sudah dibatalkan. Saya tidak tahu, tiba-tiba mereka email ke saya bilang acara untuk memperingati hari antikorupsi dunia dibatalkan oleh permintaan pimpinan KPK," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2015).
 
Ahok menyesalkan pembatalan yang dilakukan KPK. "Pimpinan KPK yang mana yang batalkan aku juga tidak tahu. Suratnya juga tidak resmi, hanya lewat email. Ya sudahlah, kalau batal diundang," ujarnya.
 
Pembatalan undangan dicurigai terkait keterlibatan Ahok dalam kasus pembelian lahan RS Sumber Waras yang saat ini sedang diproses KPK. Ahok menuding KPK ingin mengkriminalisasi dirinya. "Mungkin Sumber Waras, mau kriminalisasi Ahok kali. Oknumnya aku tidak tahu," imbuhnya.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu menilai, KPK tak tahu malu jika ingin mengkriminalisasinya. Sebab, Ahok pernah mendapat penghargaan sebagai penggiat antikorupsi.
 
"Mau kriminal Ahok malu dong, Ahok sudah tercatat. Pak Ruki yang kasih penghargaan tiga mitra award antikorupsi di Tugu Proklamasi waktu memperingati hari antikorupsi dunia 2006 akhir," ujarnya.


(FZN)