Jaksa Agung Pertanyakan Niat MKD Pinjam Ponsel Bos Freeport

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 08 Dec 2015 18:43 WIB
pencatut nama presiden
Jaksa Agung Pertanyakan Niat MKD Pinjam Ponsel Bos Freeport
Jaksa Agung Muhammad Prasetyo.Ismar Patrizki/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan berencana meminjam barang bukti berupa ponsel Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dari Kejaksaan Agung. Jaksa Agung M. Prasetyo meminta MKD menyiapkan permintaan tertulis.

"Kalau pun meminta, harus tertulis, harus resmi. Karena kami perlukan juga untuk pembuktian," tegas Prasetyo saat dihubungi, Selasa (8/12/2015).

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum ini mempertanyakan niat MKD yang meributkan keaslian rekaman. Menurutnya, seluruh saksi yang dihadirkan MKD, sebetulnya sudah mengakui kevalidan rekaman tersebut.

"MKD kok masih perlu rekaman itu, kan semuanya sudah bersaksi. Yang merekam (Maroef) sudah mengatakan itu benar. Yang mengadukan juga sudah menjelaskan. Setya Novanto juga sudah kemarin, untuk keperluan apalagi rekaman itu?" beber dia.

Menurutnya, MKD hanya perlu memutuskan ada atau tidaknya sanksi etik untuk Novanto. Sementara penegakan hukum, diserahkan ke pihaknya lantaran membutuhkan barang bukti tersebut.

"MKD kan hanya masalah etika. Etika itu hanya kepatutan. Kalau penegakan hukum itu kebenaran material yang dipermasalahkan, butuh bukti," ucap Prasetyo.

Sebelumnya, ponsel Maroef yang digunakan sebagai alat perekam percakapan antara Setya Novanto, pengusaha M. Rica Chalid dan Maroef disita Kejagung dalam rangka penyelidikan kasus dugaan pemufakatan jahat. 

MKD berniat meminjam ponsel itu untuk memastikan keabsahan dan keaslian rekaman tersebut melalui uji forensik di Mabes Polri. 



(KRI)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

46 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA