Dubes AS: ISIS Harus Segera Dihancurkan!

Sonya Michaella    •    Selasa, 08 Dec 2015 19:59 WIB
isis
Dubes AS: ISIS Harus Segera Dihancurkan!
Militan ISIS (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Militan Islamic State (ISIS) makin membuat dunia dalam kondisi tidak aman. Beberapa negara bertekad untuk segera menghancurkan ISIS secepatnya.

Dalam Public Forum Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Duta Besar Amerika Serikat (AS) Robert O Blake menegaskan ISIS harus segera dihancurkan.

"Perang di Suriah sudah berlangsung selama lima tahun. Oleh sebab itu, Presiden Barack Obama bertekad untuk menghancurkan ISIS," kata Dubes Blake di Hotel Borobudur, Jakarta Selasa (8/12/2015).

Dalam forum bertemakan 'Evolving Multilateral Coalition Against ISIS' ini, Blake turut berbagi pemikirannya tentang ISIS dengan Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin dan juga Dubes Prancis untuk Indonesia Corrine Breuze.

Menurut Blake AS dan negara-negara lain seperti Indonesia, Rusia dan Perancis harus bersatu dalam memberantas ISIS. Jangan sampai ISIS merekrut anggota-anggota baru untuk melebarkan sayap lebih luas melakukan terorisme.

"Stabilitas negara sangatlah penting untuk menyiapkan diri guna melawan serangan ISIS," tegas Blake.

Blake mengatakan lebih lanjut bahwa Presiden Obama memiliki pasukan khusus baik itu di darat maupun udara untuk memerangi ISIS sampai tuntas. Kini AS pun sudah mengintensifkan serangan mereka ke Suriah dan berencana untuk mengerahkan pasukan darat ke Irak untuk memberantas ISIS.

Koalasi negara Barat yang melancarkan serangan udara ke Suriah makin terus bertambah. Setelah Prancis, Inggris dan Jerman memastikan keikutsertaan mereka, sementara Rusia sudah sejak akhir September melancarkan serangan ke basis pertahanan ISIS di Suriah.


(FJR)