KPU Tunda Pilkada di 5 Daerah

Al Abrar    •    Selasa, 08 Dec 2015 21:34 WIB
pilkada serentak
KPU Tunda Pilkada di 5 Daerah
Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay. (Foto: MI/Atet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda pilkada serentak di lima daerah yaitu Kabupaten Fak Fak (Papua), Kabupaten Simalungun (Sumatra Utara), Kota Manado (Sulawesi Utara), Kota Pematangsiantar (Sumatra Utara), dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, penundaan dilakukan karena lima daerah itu masih bersengketa di pengadilan dan beberapa di antaranya sudah diputuskan oleh PT TUN.

"Lima daerah kami tunda. Mereka tidak ikut serentak saat 9 Desember," kata Hadar di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2015).

Hadar menjelaskan, dua dari lima daerah, yaitu Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Fak Fak sudah mempunyai putusan akhir (Incracht) yang diputus oleh pengadilan. Sehingga KPU harus melaksanakan putusan tersebut sesuai dengan UU No 8 Tahun 2015.

Selain itu, tertundanya jadwal pilkada di Kalimantan Tengah karena proses pencetakan surat suara yang harus dicetak ulang, karena pasangan calon yang bersengketa tidak termuat gambarnya di dalam surat suara yang saat ini sudah berada di TPS.

"Jadi dimasukkan, dibatalkan terus dimasukkan lagi oleh pengadilan. Jadi masalah pencalonan ini jadi tidak beres-beres," tambah Hadar.

Sementara tiga daerah lainnya Kabupaten Simalungun, Kota Manado, Kota Pematangsiantar masih berupa putusan sela yang memerintahkan menunda keputusan KPU setempat tentang pembatalan calon di tiga daerah tersebut.

Hadar mengakui belum bisa memastikan berapa lama penundaan Pilkada di lima daerah tersebut. Namun pihaknya akan mendorong Mahkamah Agung agar kasasi KPU dapat diprioritaskan agar Pilkada susulan dapat dilaksanakan tahun ini. "Kami akan berusaha tetap bisa dilasanakan di tahun 2015," tukasnya.


(AZF)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA