Kejagung: Kunci Kasus Dugaan Pemufakatan Jahat di Maroef

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 09 Dec 2015 05:56 WIB
pencatut nama presiden
Kejagung: Kunci Kasus Dugaan Pemufakatan Jahat di Maroef
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin,

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung masih menyelidiki kasus dugaan pemufakatan jahat permintaan saham PT Freeport Indonesia (PT FI) yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto. Meskipun belum mendapat keterangan dari Novanto dan pengusaha migas Riza Chalid yang turut dalam pertemuan 'Papa Minta Saham' itu dengan Presiden Direktur PT FI Maroef Sjamsoeddin, Kejagung sudah mendapat kunci dari kasus tersebut untuk naik penyidikan dan menetapkan tersangka.

"Kuncinya, kita sudah dapat keterangan dari Maroef," kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jam Pidsus) Arminsyah di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2015) malam.

Arminsyah menambahkan, kini jaksa penyelidik pun sedang mendalami keterangan dari Maroef setelah empat kali memberikan keterangan di Korps Adhyaksa itu. Dalam pendalaman itu, para jaksa penyelidik dan Maroef kembali mendengarkan isi rekaman 'Papa Minta Saham'.

"Kita meyakini betul rekaman tersebut dengan didengar kembali oleh pak Maroef, apa benar sesuai yang dia alami. Karena dia ikut di situ, jadi dia mencermati betul," bebernya.

Selain Maroef, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said yang mengadukan rekaman 'Papa Minta Saham' ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pun telah dimintai keterangan dua kali oleh jaksa penyelidik.

"Pak menteri dua jam lebih berkaitan dengan bagaimana dia dapat informasi, tugas dia di kementerian dan berkaitan dengan mengapa dia melapor ke MKD, dan apa yang pernah didiskusikan dengan Maroef," bebernya.

Mantan Jaksa Agung Muda Intelijen ini belum memastikan kapan, Maroef dan Sudirman dipanggil lagi untuk dimintai keterangan. Pasalnya, para jaksa penyelidik masih mengkaji hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap keduanya.

"Kita akan kaji dulu. Tadi kita diskusi," ucap dia.



(AZF)