'Putus Rantai Korupsi', Tema Utama Hari Antikorupsi Internasional 2015

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Dec 2015 10:42 WIB
anti korupsi
'Putus Rantai Korupsi', Tema Utama Hari Antikorupsi Internasional 2015
Dunia rayakan Hari Antikorupsi Internasional (Foto: PBB)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengetengahkan tema 'Putus Rantai Korupsi' dalam peringatan Hari Antikorupsi Internasional yang diperingati hari ini, 9 Desember.

Kampanye internasional ini difokuskan pada bagaimana korupsi merongrong demokrasi dan supremasi hukum. Korupsi juga menyebabkan kekerasan hak asasi manusia, mendistorsi pasar, mengikis kualitas hidup, dan memungkinkan kejahatan terorganisir, terorisme, dan ancaman lain terhadap keamanan manusia untuk berkembang.

Majelis Umum PBB menjadikan 9 Desember sebagai Hari Antikorupsi Internasional sejak 2003 untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak buruk korupsi terhadap perkembangan dunia.

Banyak tokoh-tokoh dunia yang masih hidup maupun sudah tiada berbicara mengenai korupsi. Berikut adalah beberapa kutipan para tokoh penting tentang korupsi, seperti dirangkum IBTimes, Rabu (9/12/2015):

"Kewajiban kaum muda adalah untuk melawan korupsi," Kurt Cobain, musisi Amerika yang wafat 1994 lalu.

"Mereka yang memerangi korupsi harus membersihkan diri mereka sendiri," Vladimir Putin, Presiden Rusia.

"Korupsi adalah salah satu alasan paling umum yang saya dengar dalam pandangan yang mengkritik bantuan," Bill Gates, penemu Microsoft.

"Saya tidak akan membiarkan siapa pun melewati pikiran saya dengan kaki kotor mereka," Mahatma Gandhi, pejuang kemerdekaan India.

"Memerangi korupsi bukan hanya dengan pemerintahan yang baik. Ini adalah bentuk pembelaan diri, sebuah sikap patriotisme," Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.
 


(FJR)