TPS di Gowa Mirip Resepsi Pernikahan

Andi Aisyah Lamboge    •    Rabu, 09 Dec 2015 10:44 WIB
pilkada serentak
TPS di Gowa Mirip Resepsi Pernikahan
Suasana TPS 07 di Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (9/12/2015). (Metrotvnews.com/Andi Aisyah Lamboge)

Metrotvnews, Gowa: Jas Tutup dan Lipa' Sabbe menjadi seragam petugas KPPS TPS 07 Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Dekorasi TPS menggunakan hiasan dan pernak pernik layaknya resepsi pernikahan.

Di pintu masuk TPS, pemilih dan tamu langsung disuguhi sepasang buket bunga besar. Dua petugas KPPS siap mencatat kartu pemilih yang dibawa undangan.

"Kami ingin menampilkan suasana berbeda. Ini momen yang jarang. Semoga para pemilih lebih tertarik menggunakan haknya untuk memilih," tutur Ketua KPPS Sofyan menyebut tema TPS 07 Sungguminasa, Somba Opu, Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2015).

Sofyan bertugas memanggil nama para pemilih. Setelah itu dia akan menyerahkan surat suara yang akan dicoblos di kotak suara.

Adam, 30, salah seorang warga yang melintas, menilai TPS itu menarik. Menurutnya kreatifitas petugas KPPS patut diacungi jempol.

"Unik juga ini. Kita lebih tertarik untik singgah dan melihat situasi TPS di sana. Terlihat lebih meriah," ucapnya.

Camat Bontonompo Abdullah mengaku tak mempermasalahkan TPS seperti itu. Selama masih dalam batas wajar, kata Abdullah, itu sah-sah saja. "Mereka meminta izin, kami persilakan. Ini bagian dari proses demokrasi," kata Abdullah.

Kabupaten Gowa adalah satu dari 11 kabupaten se-Sulawesi Selatan yang menggelar pilkada serentak. Sebanyak 544.795 orang masuk menjadi Daftar Pemilih Tetap. Mereka terbagi di 1.000 TPS yang tersebar di 18 Kecamatan.

Lima pasangan calon bersaing dalam pilkada Gowa ini. Mereka adalah Andi Maddusila Andi Idjo-Wahyu Permana Kaharuddin, Syahrir Syafruddin Daeng Jarung-Anwar Usman, Jamaluddin Maknun-Maskur, Tenri Olle Yasin Limpo-Hairil Muin. Terakhir Adnan Purichta Iksan YL-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio.

Selain Gowa, sepuluh kabupaten lain yang menggelar pilkada adalah Maros, Barru, Pangkep, Bulukumba, Tana Toraja, Toraja Utara, Selayar, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kabupaten Soppeng.


(SAN)