Bangun Infrastruktur Transportasi, Menhub Gandeng Jepang

Husen Miftahudin    •    Rabu, 09 Dec 2015 10:46 WIB
kementerian perhubungan
Bangun Infrastruktur Transportasi, Menhub Gandeng Jepang
Menhub Ignasius Jonan. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah kini tengah menggenjot pembangunan infrastruktur untuk menciptakan pemerataan secara nasional, termasuk di dalamnya infrastruktur transportasi. Hal ini penting agar transportasi Tanah Air mampu mengurangi biaya distribusi logistik sehingga tak lagi terjadi ketimpangan harga produk.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasisus Jonan yang tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Keiichi Isii mendorong peningkatan kerja sama pada pembangunan infrastruktur bidang transportasi. Khususnya transportasi pelabuhan, bandar udara, jalur kereta api, serta jalan raya.

Terkait dengan subsektor transportasi laut, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) JA Barata mengatakan, Jonan melakukan promosi program pemerintah untuk menjadikan Indonesia negara maritim yang maju dan mandiri menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia (Global Maritime Fulcrum). Untuk itu sejumlah program pendukung juga telah dilaksanakan, salah satunya adalah Tol Laut.

"Prinsipnya, tol laut merupakan penyelenggaraan angkutan laut secara tetap dan teratur yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan disertai feeder dari ujung barat sampai ke ujung timur Indonesia dengan menggunakan kapal-kapal berukuran besar sehingga diperoleh manfaat ekonomisnya," ujar Barata dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Tak hanya butuh banyak kapal, lanjut dia, untuk merealisasikan program pemerintah tersebut butuh pembangunan dan pengembangan pelabuhan. Salah satunya, pembangunan Pelabuhan Patimban sebagai alternatif pengganti lokasi Pelabuhan Cilamaya yang sebelumnya telah dipilih untuk mendukung pelabuhan terbesar di Indonesia, Tanjung Priok.

"Selain kemungkinan kerja sama pada sub sektor transportasi laut, Menhub juga memaparkan program lainnya antara lain pembangunan dan pengembangan kereta api Trans Sumatera, Trans Kalimantan, Trans Sulawesi, dan Trans Papua," papar Barata.

Pihak pemerintah Jepang menyambut baik dan pada umumnya siap mendukung rencana pembangunan insfrastruktur bidang transportasi di Indonesia. "Pihak Jepang akan segera berkoordinasi langsung dengan pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut," tutup Barata.


(AHL)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

13 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA