Petahana Diuntungkan Regulasi Pilkada Serentak

Wandi Yusuf    •    Rabu, 09 Dec 2015 13:28 WIB
pilkada serentak
Petahana Diuntungkan Regulasi Pilkada Serentak
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon petahana atau incumbent dinilai banyak diuntungkan oleh regulasi pemilihan kepala daerah serentak yang belum mapan. Pandangan itu disampaikan Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi.

"Harus diakui, dengan segala kelemahannya, calon incumbent punya kelebihan," kata Burhanudin, dalam bincang dengan Metro TV, Rabu (9/12/2015).

Kelebihan yang dimaksud adalah sosialisasi yang sudah berlangsung selama lima tahun atau selama dia menjabat. Petahana juga mendapatkan nilai lebih ketika program-program kerjanya diterima masyarakat. Untuk petahanan yang tak bekerja pun, Burhanudin melihat ada keuntungan.

"Apalagi dengan regulasi keterbatasan sosialisasi calon kepala daerah yang saat ini hanya dilakukan oleh KPU," kata dia. Untuk calon baru, kata Burhanudin, berupaya mengangkat profil pribadi saja susah.

Faktor lain di luar itu, lanjut dia, adanya kelelahan partisipasi masyarakat atau election fatigue. "Ditambah desain pelaksanaan tak dilakukan dengan manajemen yang baik. Harusnya ada jeda waktu dan pilkada serentak diatur bersamaan antara provinsi dan kabupaten/kota di daerah itu," kata dia.

Regulasi yang mengharuskan anggota DPR atau DPRD mundur dari jabatannya juga membuat pilkada tak berlangsung gereget. "Parpol cenderung tak mau berspekulasi dengan kadernya. Ini yang mengurangi kegairahan berkampanye," kata dia.


(UWA)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA