TPS di Sejumlah Daerah Kekurangan Surat Suara

Agus Josiandi, Pythag Kurniati, Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 09 Dec 2015 15:06 WIB
pilkada serentak
TPS di Sejumlah Daerah Kekurangan Surat Suara
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Solo: Kekurangan surat suara mewarnai gelaran pilkada di beberapa daerah. Petugas mengarahkan pemilih ke tempat pemungutan suara lain agar bisa menyalurkan hak suaranya pada Pilkada Serentak, Rabu, 9 Desember.

Pantauan Metrotvnews.com di tiga provinsi menemukan, beberapa tempat pemungutan suara (TPS) kekurangan surat suara.

Di Solo, Jawa Tengah, sedikitnya ada tiga TPS yang kekurangan surat suara. Tiga TPS tersebut adalah TPS 03 Baluwarti, kekurangan 125 surat suara, TPS 56 Jebres kekurangan 126 surat suara. Satu lagi di TPS 42 Jebres, kekurangan 125 surat suara.

Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan KPU Kota Solo, Suryo Baruno tampak heran dengan fakta tersebut. “Kalau melihat dari perencanaan dan pengelolaan logistik yang kita lakukan memang seharusnya hal itu tidak terjadi. Sebab kita terapkan pemeriksaan berlapis," katanya. 

Suryo mengatakan, warga yang tidak mendapatkan surat suara akan memilih di TPS lain yang terdekat dengan TPS-nya. Warga akan diantar petugas hingga dapat menggunakan hak pilihnya. 

Sementara, tiga TPS di Kecamatan Pleret, Kabupanten Bantul, DI Yogyakarta juga mengalami kekurangan suara. TPS 10 Kanoman, kekurangan 25 surat suara. TPS 18 Kranggotan, kekurangna 24 surat suara. TPS 19, Bedukan, kekurangan 75 surat suara.

"Sudah diselesaikan. Kita mencarikan kelebihan surat suara dari TPS terdekat," ujar Ketua Panwascam Pleret, Margi Wibowo. 

Kekurangan surat suara juga terjadi di Sumenenp, Madura, Jawa Timur. TPS di Kecamatan Ganding, Lenteng, Pasongsongan, dan Kecamatan Talango kekurangan ratusan surat suara. Kekurangan diduga terjadi karena kesalahan saat pengiriman dari KPU setempat ke TPS.

"Misalnya DPT di salah satu TPS ada 100, ternyata surat suara yang dikirim hanya 50 lembar," kata Ketua Panwaslih Sumenep, Moh Amin.

Belum diketahui pasti jumlah kekurangan surat suara di empat kecamatan tersebut. Akan tetapi kekurangan surat suara tertinggi terjadi di Kecamatan Ganding, sebanyak 150 surat suara.

Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa mengklaim kekurangan surat suara tak mengganggu proses pemungutan suara.


(SAN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA