KUR 2016 Bakal Naik Jadi Rp100 Triliun

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 09 Dec 2015 15:34 WIB
kur
KUR 2016 Bakal Naik Jadi Rp100 Triliun
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution mengatakan adanya kenaikan kredit usaha rakyat (KUR) pada 2016 akan naik menjadi Rp100 triliun. Dengan naiknya KUR pada tahun depan, sasaran target penerima KUR harus dilihat kembali dan diperluas.

"Pada dasarnya yang dibicarakan apa saja yang bisa dimasukkan untuk menjadi target penerima KUR, tentunya bank yang salurkan," ujar Darmin, saat ditemui di Kantor Pusat Kemenko Perkonomian di Jakarta Pusat, Selasa, 8 Desember malam.

Meskipun KUR naik, Ia mengatakan bunga KUR tetap tidak berubah sebesar sembilan persen pada tahun depan sesuai rencana pemerintah. Namun, dirinya tidak menampik bunga KUR bisa saja turun jika Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunganya.

"Ya tentu saja bisa (bunga KUR turun jika suku bunga BI turun), artinya bunga itu sudah sembilan persen dasarnya sudah diperhitungkan berapa biaya subsidi yang diberikan pemerintah itu sudah fix," ungkapnya.

Adapun realisasi penyaluran KUR  yang baru dimulai Agustus tahun ini hingga akhir 2015 diperkirakan akan mencapai Rp20 triliun dari Rp30 triliun yang tersalurkan.

"Sekarang ini realisasinya mungkin kira-kira, pokoknya sampai akhir tahun paling Rp20 triliun dari Rp30 tirliun yang tersalurkan," jelasnya.


(AHL)