KPU tidak Urusi Iklan Capres

   •    Kamis, 05 Dec 2013 19:48 WIB
KPU tidak Urusi Iklan Capres
Ilustrasi -- Dok MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum tidak ingin dibebani keberadaan iklan calon presiden di media massa. KPU menegaskan hanya fokus dalam pemilu legislatif terlebih dahulu.

"Siapa yang mencalonkan mereka (capres). Capres mana yang sudah terdaftar di KPU? Siapakah yang menetapkan mereka sebagai calon presiden? Apakah KPU menetapkan itu? Tidak. Fokus KPU itu di pileg," ujar Komisioner KPU, Ida Budhiati di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (5/12).

Menurut Ida, keberadaan tokoh nasional yang diduga melakukan iklan politik di media dianggap tidak menyalahi aturan. Karena, seseorang dianggap melanggar setelah mereka resmi terdaftar di KPU sebagai capres.

"Makanya perlu diperjelas definisi curi start yang dibilang orang itu apa. Kalau mereka belum terdaftar, ya memang enggak ada aturan yang dilanggar," kata Ida.

Namun demikian, hal tersebut tidak berlaku untuk calon anggota legislatif (caleg). Untuk hal itu, KPU memang telah menerapkan aturan soal kampanye.

KPU melarang caleg melakukan kampanye terbuka di media. "Kalau itu dilakukan caleg, kita (KPU) akan menyikapi," tegas dia.

Sampai saat ini hanya partai politik yang dibebaskan melakukan kampanye. Karena, setelah ditetapkan sebagai peserta pemilu, partai diberikan kebebasan menyosialisasikan program kepada masyarakat.

Sementara untuk para caleg, KPU melarang menyebutkan nomor urut serta mengarahkan bentuk ajakan untuk memilih mereka.


KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA