Inikah Akhir 'Dinasti' Idham Samawi di Bantul?

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 09 Dec 2015 17:31 WIB
pilkada serentak
Inikah Akhir 'Dinasti' Idham Samawi di Bantul?
Salah satu calon Bupati Bantul Suharsono mencukur rambut pendukungnya. (Metrorvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Bantul: Dua calon bupati di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Sri Suryawidati-Misbakhul Munir dan lawannya, Suharsono-Abdul Halim, saling mengalahkan di TPS domisili masing-masing. Namun, hasil hitung cepat berkata lain. Inikah akhir 'dinasti' Idham Samawi di selatan Yogyakarta itu?

Di TPS 17 Nogosari, Trirenggo, Bantul, tempat tinggal Sri. Pasangan nomor 2 Sri-Munir meraih 226 suara, mengungguli pasangan nomor 1 Suharsono-Abdul Halim, yang mendapat 155 suara. Sedangkan, surat suara tidak sah ada sebanyak 13, sehingga total suara menjadi 394 suara.

Ketua KPPS TPS 17, Nanang Sriyono mengatakan jumlah DPT di TPS tersebut ada sebanyak 516. Namun, hal itu masih dikurangi dengan adanya 20 orang yang masuk DPT sudah meninggal, 35 orang pindah domisili, "Dan sisanya sedang berada di luar kota," kata dia.

Hasil lain terjadi di TPS tempat domisili Suharsono, yakni di TPS 42 Bangunharjo, Sewon, Bantul. Pasangan Suharsono-Abdul Halim berhasil mendulang suara 194, sedangkan pasangan Sri Suryawidati-Misbakul Munir meraup 113 suara. Sementara, ada sebanyak 24 surat suara yang tidak sah.

Hitung cepat, cukur

Menurut hasil hitung cepat yang dilakukan tim Media Research Center pasangan Suharsono-Halim memperoleh 53,46 persen. Sementara pasangan Sri-Misbakhul 46,54 persen.

Rasa suka cita keunggulan itu langsung diluapkan dengan cukur rambut oleh puluhan pendukung Suharsono-Halim. Mereka melakukan cukur rambut di posko paslon tersebut dengan diawali pencukuran rambut oleh Suharsono.

Salah seorang pendukung Suharsono-Halim, Romadhon, 45, mengatakan cukur rambut yang ia lakukan sebagai ungkapan rasa syukur pada jagoannya. Menurutnya, rasa kegembiraan itu tak bisa dilakukan dengan foya-foya karena tak memiliki banyak uang.

"Bangga dan syukur. Gembira. Mau foya-foya enggak punya uang. Ini pertanda akan memutuskan dinasti Idham Samawi," kata warga Wonokromo, Bantul, ini.

Sekadar informasi, calon bupati Sri Suryawidati merupakan calon petahana. Sri menjabat Bupati Bantul pada 2010-2015. Dia juga diketahui sebagai istri Bupati Bantul Idham Samawi (1999-2004 dan 2005-2010). 


(SAN)