Dalam Semalam, Maluku Tengah 5 Kali Diguncang Gempa

Arga sumantri    •    Rabu, 09 Dec 2015 23:47 WIB
gempa bumi
Dalam Semalam, Maluku Tengah 5 Kali Diguncang Gempa
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Maluku Tengah sudah lima kali diguncang gempa bumi sejak sore hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa paling besar berkekuatan 6,9 skla richter (SR).

Hingga pukul 21.57 WIB, Rabu (9/12/2015) lima gempa terjadi di Maluku Tengah. Gempa pertama berkekuatan 6,9 SR, gempa paling kuat di antara rangkaian gempa. Pusat gempa ada di koordinat  3.98 LS,129.56 BT.

Gempa berikutnya dengan kekuatan 5 SR terjadi sekitar pukul 18.15 WIB di koordinat 41 LS, 129,68 BT. Gempa ketiga memiliki kekuatan sama dengan gempa ke dua. Goyangan ketiga terasa sekitar pukul 19.06 WIB.

Setengah jam berselang, gempa dengan kekuatan sama juga terjadi. Rangkaian gempa ditutup dengan gempa berkekuatan 5,2 SR yang terjadi sekitar pukul 21.57 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut, gempa 6,9 SR yang pertama kali tercatat paling besar tidak berpotensi menimbulkan Tsunami. Sebab, guncangan gempa tetap tidak cukup kuat menciptakan deformasi dasar laut untuk membangkitkan tsunami yang berdampak signifikan.

"Sehingga dalam hal ini BMKG tidak mengelurkan peringatan dini tsunami," tambah Daryono.

Pemantau tsunami di Ambon, mengkonfirmasi adanya kenaikan muka air laut hanya setinggi 7 cm. BMKG memastikan kondisi tersebut aman. Warga pun dihimbau tetap tenang.


(DRI)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

12 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA