Liga Champions 2015 -- 2016

Saling 'Sikut' Menuju Milan

Alfa Mandalika    •    Kamis, 10 Dec 2015 10:19 WIB
liga champions
Saling 'Sikut' Menuju Milan
(Foto: UEFA)

Metrotvnews.com: Sebanyak 16 tim sudah memastikan diri lolos ke fase knock-out (sistem gugur) Liga Champions 2015 -- 2016. Dini hari tadi, delapan tim sudah menentukan nasibnya di pentas paling bergengsi di Eropa.

Sebelumnya ada delapan tim yang lolos mewakili grup A-D. Mereka ialah Real Madrid, Paris Saint Germain, Wolfsburg, PSV Eindhoven, Atletico Madrid, Benfica, Manchester City, dan Juventus.

Lalu, delapan tim lainnya menyusul mewakili grup E-H ialah Barcelona, AS Roma, Bayern Muenchen, Arsenal, Chelsea, Dynamo Kiev, Zenit St Petersburg, dan KAA Gantoise.

Total, sudah 16 tim yang lolos. Nantinya, mereka saling unjuk kualitas demi mendapatkan tiket final yang bakal dihelat di Stadion Giuseppe Meazza (San Siro) di kota Milan 28 Mei 2016.

Sementara itu, pengundian akan dilakukan UEFA pada 14 Desember. Peluang terjadinya pertarungan klub raksasa cukup besar. Apalagi, sejumlah klub beken Eropa turut meramaikan persaingan.

Menilik perjalanan 16 tim yang lolos, boleh dibilang perjuangannya tidak mudah. Pasalnya mereka harus pintar membagi waktu dengan kompetisi domestik dan ajang-ajang lainnya. Jadi, tim-tim yang sudah lolos merupakan tim terbaik di Eropa saat ini.

Namun, dari 16 tim yang melaju ada satu tim yang meraih poin maksimal. Tim itu ialah wakil dari Spanyol, Real Madrid. Ya, El Real sukses mengemas 16 poin atau sepanjang penyisihan grup tidak pernah mengecap kekalahan. Performa sempurna Madrid, memancing spekulasi bahwa Cristiano Ronaldo dkk adalah kandidat kuat juara Liga Champions musim ini.

Menyusul Madrid ada nama Barcelona. Tim asal Catalan itu hanya terpaut dua poin dari rival abadinya itu. Sepanjang penyisihan grup, Barca juga belum pernah kalah. Tetapi, mereka meraih hasil imbang sebanyak dua kali.

Selain dua tim di atas, ada dua tim lagi yang menyita perhatian. Mereka ialah Bayern Muenchen dan Zenit St Peterseburg. Khusus untuk Zenit, apa yang mereka torehkan sepanjang penyisihan grup cukup cemerlang. Tim polesan Andre Villas Boas itu mampu mengoleksi lima kali kemenangan dan sekali kalah. Tentu, Zenit bisa menjadi tim kejutan di babak 16 besar nanti.

Demikian juga apa yang ditunjukkan Muenchen. Die Roten tampil impresif sepanjang penyisihan grup. Die Roten hanya kalah sekali dari enam laga yang dijalani. Melihat hal itu, Muenchen berpotensi untuk lolos ke final.

Menarik disimak juga bagaimana kiprah tim-tim macam Chelsea, Arsenal, Juventus, Wolfsburg, dan PSV Eindhoven yang mampu menjungkalkan tim-tim unggulan saat penyisihan grup.

Chelsea berhasil lolos usai menang di laga pamungkas kontra FC Porto. Meski sedang terseok-seok di Liga Primer Inggris, hal itu tidak membuat The Blues patah arang di level Eropa. Pun begitu bagi Arsenal. Sempat terancam tidak lolos, semangat juang Tim Meriam London akhirnya memupuskan harapan Olympiakos Piraeus untuk melaju ke 16 besar.

Sementara bagi Juventus, kesempatan lolos ke sistem gugur bakal dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentu, Bianconeri ingin mengulang kesuksesan musim lalu melaju sampai final dan target Si Nyonya Tua pasti ingin menjadi juara. Dengan begitu, semua tim, tentu punya peluang untuk muncul sebagai juara.  Anda juga pasti punya jagoan sendiri bukan?


(FIT)